Langkah Mudah untuk Membuat Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah Anti Gagal

Juan Ellis   05/07/2020 15:05

Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah
Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah

Anda sedang mencari ide resep puding tape ketan hijau lapis gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal puding tape ketan hijau lapis gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah. Setelah adonan puding ketan hijau setengah set, tuang pelan-pelan adonan puding gula merah di atasnya. Setelah puding benar-benar dingin, keluarkan dari cetakan lalu siap dipotong-potong dan sajikan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari puding tape ketan hijau lapis gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan puding tape ketan hijau lapis gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan puding tape ketan hijau lapis gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah menggunakan 7 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah:
  1. Ambil 1 bungkus bubuk agar-agar plain/putih (7 gr)
  2. Ambil 1000 ml santan sedang kentalnya(saya pakai 900 ml)
  3. Gunakan 200 gram tape ketan hijau
  4. Sediakan 150 gram gula merah(saya pakai 120 gr)
  5. Siapkan 2 sendok makan gula pasir
  6. Ambil 1/2 sendok teh garam
  7. Sediakan 3 lembar Daun pandan

Susun puding diatas piring saji, tuang gula merah di atasnya. Selain puding tape ketan, saya juga hobby dengan puding gula merah yang juga termasuk puding jadul. Pokoknya kalau ada kedua puding itu, pasti saya gak ngelirik puding coklat atau aneka fruit puding deh hehehe. Lihat juga resep Puding Tape Ketan Ijo enak lainnya.

Cara membuat Puding Tape Ketan Hijau Lapis Gula Merah:
  1. Campur santan, garam dan agar2, aduk rata, ambil 600 ml adonan, sisihkan.
  2. Tuang 300 ml adonan sisanya di panci, tambahkan 2 sendok makan gula pasir. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan api. Masukkan tape ketan hijau, aduk rata. Biarkan hingga uap panasnya hilang.
  3. Tuang ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Sisihkan.
  4. Masak sisa adonan 600 ml, gula merah dan daun pandan hingga mendidih. Matikan api. Biarkan uap panasnya hilang.
  5. Setelah adonan puding ketan hijau setengah set, tuang pelan-pelan adonan puding gula merah di atasnya. Biarkan hingga dingin dan set.
  6. Setelah puding benar-benar dingin, keluarkan dari cetakan lalu siap dipotong-potong dan sajikan.

Resep Kue Talam Ketan - Kue menjadi salah satu hidangan yang umum ditemukan nyaris pada saat acara apa saja, mulai dari ulang tahun, pernikahan, camilan di sore hari sampai dengan upacara adat. Kue bisa kita beli dalam keadaan siap santap ataupun kita olah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko dan pasar tradisional. Kalau tape singkong memang biasa nyetok buat bikin cake tape atau proll tape. Tapi kalau yang ketan hitam dapat dari adik iparku. Cari resep puding ketemu resep pudingnya Ci Shirley.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan puding tape ketan hijau lapis gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved