Langkah Mudah untuk Menyiapkan Klepon Ketan Gula merah yang Enak

Nettie Yates   02/11/2020 15:43

Klepon Ketan Gula merah
Klepon Ketan Gula merah

Lagi mencari inspirasi resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan klepon ketan gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah klepon ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Klepon Ketan Gula merah menggunakan 8 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Klepon Ketan Gula merah:
  1. Ambil 250 gram tepung ketan
  2. Ambil 50 gram tepung beras
  3. Siapkan 250 ml air pandan
  4. Sediakan 100 gram gula merah
  5. Ambil 300 gram kelapa parut
  6. Ambil 1/4 sdt garam
  7. Siapkan 1/4 sdt vanili
  8. Ambil secukupnya pasta pandan

Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Langkah-langkah menyiapkan Klepon Ketan Gula merah:
  1. Campur tepung ketan tepung beras dan air pandan aduk rata sampe adonan mudah dibentuk lalu beri pasta pandan secukupnya aduk rata
  2. Ambil secukupnya adonan beri gula merah ditengah lalu bulatkan lakukan sampe semua adonan habis kemudian rebus sampe mengapung tanda matang angkat tiriskan
  3. Campur kelapa parut garam dan vanili aduk rata kemudian kukus sebentar, setelah kelapa dikukus langsung gulingkan klepon pada kelapa aduk rata kemudian siap disajikan

Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat. Pastikan semua bagian kulit luar klepon tertutupi kelapa dan hidangkan. Ternyata tidak terlalu susah kan cara membuat Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah di atas.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan klepon ketan gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved