Bagaimana Membuat Klepon Ketan Gula Merah yang Lezat Sekali

Caleb Gordon   10/10/2020 15:52

Klepon Ketan Gula Merah
Klepon Ketan Gula Merah

Lagi mencari ide resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan gula merah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan klepon ketan gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat klepon ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah menggunakan 8 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Gunakan 250 gr tepung beras ketan
  2. Ambil 50 gr tepung beras
  3. Ambil Kurang lebih 250 ml air pandan
  4. Gunakan Secukupnya pewarna makanan
  5. Siapkan 100 gr gula merah (potong2)
  6. Siapkan 300 gr. Kelapa parut
  7. Sediakan 1/2 sdt garam
  8. Gunakan 1/4 sdt fanily bubuk

Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Cara menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Kukus kelapa parut sebentar saja, kira2 5 menit, angkat lalu tambahkan vanily bubuk dan garam, campur rata, sisihkan.
  2. Campur rata tepung beras ketan dan tepung beras, masukkan air pandan dan sedikit pewarna aduk2 lalu uleni hingga kalis
  3. Ambil sejumput adonan, bulatkan lalu pipihkan isi tengahnya dengan gula merah, bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis
  4. Didihkan air di panci, lalu masukkan klepon tunggu hingga mengapung (tanda sudah mateng) lalu angkat dan gulingkan di atas kelapa. Siap dihidangkan.

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Perpaduan tepung ketan, gula merah dan kelapa. Rasanya sangat menggiurkan, meleleh gula merahnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat klepon ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved