Cara Gampang Menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah, Bikin Ngiler

Anthony Riley   18/06/2020 23:24

Klepon Ketan Gula Merah
Klepon Ketan Gula Merah

Sedang mencari ide resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ketan gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan klepon ketan gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan klepon ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Klepon Ketan Gula Merah menggunakan 9 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Siapkan 250 gr tepung ketan rosebrand
  2. Sediakan 50 gr tepung beras rosebrand
  3. Siapkan 250 ml air daun pandan hangat
  4. Ambil secukupnya Pewarna hijau
  5. Ambil 100 gr gula merah dirajang tipis
  6. Gunakan 300 gr kelapa parut
  7. Ambil 1/2 sdt garam
  8. Sediakan 1/4 sdt vanila bubuk
  9. Sediakan 800 ml air

Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Cara membuat Klepon Ketan Gula Merah:
  1. Kelapa parut di kukus tambahkan garam dan vanily sampai matang, sisihkan
  2. Siapkan baskom campurkan tepung ketan dan tepung beras yg sebelumnya di ayak dl supaya tdk menggumpal, lalu masukan air pandan hangat,aduk rata sampai kalis,jgn terlalu lembek atau keras
  3. Setelah kalis ambil sejumput adonan bentuk bulat lalu pipihkan isi dgn irisan gula merah, lakukan yg sama sampai adonan habis langsung masukan ke air mendidih dlm panci sampai klepon mengapung (ciri sdh matang)
  4. Angkat klepon yg mengapung langsung gulirkan ke wadah kelapa parut nya
  5. Sajikan dlm wadah

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Perpaduan tepung ketan, gula merah dan kelapa. Rasanya sangat menggiurkan, meleleh gula merahnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan klepon ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved