Resep Ketan Susu Durian Gula Merah, Bisa Manjain Lidah

Michael Gregory   01/12/2020 22:10

Ketan Susu Durian Gula Merah
Ketan Susu Durian Gula Merah

Anda sedang mencari ide resep ketan susu durian gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ketan susu durian gula merah yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Ketan Susu Durian Gula Merah enak lainnya. Pesenmakan.id Jakarta - Gurih dan legitnya ketan, yang disuap bersama manisnya kuah gula merah beraroma durian. Hemm… bagi para pecinta durian, pastinya Ketan Duren ini selalu menjadi kuliner favorit ya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ketan susu durian gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ketan susu durian gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ketan susu durian gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ketan Susu Durian Gula Merah menggunakan 11 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ketan Susu Durian Gula Merah:
  1. Gunakan 3 cup beras ketan putih
  2. Gunakan 400-500 gr daging durian kupas
  3. Siapkan 1 lembar daun pandan
  4. Gunakan 150 ml susu cair
  5. Siapkan 3 sdm gula pasir
  6. Ambil 1 ruas jari kayu manis
  7. Gunakan 100 ml santan
  8. Sediakan 1 sdt garam
  9. Gunakan secukupnya Gula merah
  10. Siapkan secukupnya Susu kental manis
  11. Ambil secukupnya Air

Makanan berbahan durian selalu diburu oleh para penggemar buah durian. Mulai dari pancake durian, es durian, dan tak ketinggalan ketan durian menjadi beberapa kuliner durian yang paling sering dicari. Saat Abda punya stok durian di rumah, coba saja untuk mengreasikan dengan beragam resep durian yang lezat. Salah satu yang wajib dicoba tentu ketan durian.

Langkah-langkah membuat Ketan Susu Durian Gula Merah:
  1. Rendam beras ketan putih selama 1 jam. Kemudian kukus selama 15 menit. Lalu keluarkan ketan dari kukusan, campurkan santan dan garam aduk rata. Kemudian kukus kembali selama 15 menit.
  2. Untuk membuat saus durian, siapkan panci. Masukan susu cair dan daging durian. Panaskan api, tambahkan daun pandan, gula pasir, dan kayu manis. Aduk rata hingga semua tercampur dan mendidih. Koreksi rasa apabila masih ada yg kurang. Matikan api dan sisihkan.
  3. Siapkan wadah, cetak ketan dengan mangkok kecil agar berbentuk bulat. Siram dengan saus durian. Tambahkan susu kental manis dan parutan gula merah selagi hangat sesuai selera. Ketan susu durian siap disajikan.

Langkah pertama olah dahulu beras ketan yang akan kita gunakan. Saya biasanya paling suka makan ketan dengan siraman susu kental manis atau gula merah cair. Karena suka, saya sering membuatnya sendiri di rumah. Untuk sebagian orang mungkin merasa susah dalam mengolah beras ketan supaya pulen dan legit. Tapi saya punya tips memilih dan memasak beras ketan supaya terasa lezat!

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ketan Susu Durian Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved