Bagaimana Menyiapkan Lupis ketan gula merah, Bisa Manjain Lidah

Carrie Ross   01/12/2020 14:06

Lupis ketan gula merah
Lupis ketan gula merah

Anda sedang mencari inspirasi resep lupis ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal lupis ketan gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sajikan lupis dengan kelapa parut dan taburkan saus gula merah. JAKARTA, iNews.id - Kue Lupis menjadi salah satu jajanan pasar yang populer banyak dicari masyarakat. Kue yang dibuat dengan beras ketan ini paling enak disantap dengan kuah gula merah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari lupis ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan lupis ketan gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah lupis ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Lupis ketan gula merah menggunakan 5 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Lupis ketan gula merah:
  1. Sediakan 500 gram beras ketan
  2. Gunakan Daun pisang untuk membungkus
  3. Siapkan Pelengkap
  4. Ambil Parutan kelapa
  5. Sediakan Gula merah

Lupis sudah siap disajikan, ambil lupis, taburi dengan kelapa parut, lalu siram dengan saus gula merah. Lupis ketan hitam siap disantap bersama. Cara menyajikan lupis ketan yaitu dengan cara buka bungkus kue lupis, taburi atau gulingkan ke kelapa parut yang telah dikukus. Rebus gula merah,gula pasir,daun pandan dan air hingga larut dan mendidih dengan api sedang.

Langkah-langkah menyiapkan Lupis ketan gula merah:
  1. Rendam beras ketan kurng lbih 3jam, cuci bersih dan tiriskan
  2. Siapkan daun untuk membungkus. Bungkus ketan berbentuk segitiga sprti lupis" jadul di pasaran
  3. Panaskan air lalu rebus lupis selama kurng lbih 30 mnit
  4. Setelah matang sajikan dengan kelapa parut dan gula merah cair

Makanan khas Nusantara dari jenis kue tradisional, banyak menggunakan tepung ketan. Perpaduan rasa manis dan gurih, serta tekstur kenyalnya sering kali membuat lidah ketagihan. Apalagi bila disantap sembari bersantai, ditemani secangkir teh hangat atau kopi. Berikut beberapa resep kue tepung ketan lezat, kenyalnya menggiurkan dan bikin ketagihan. Cari produk Makanan Manis lainnya di Tokopedia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Lupis ketan gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved