Resep Klepon ketan gula merah, Bikin Ngiler

Lee Terry   23/08/2020 06:23

Klepon ketan gula merah
Klepon ketan gula merah

Sedang mencari inspirasi resep klepon ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan gula merah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari klepon ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan klepon ketan gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat klepon ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Klepon ketan gula merah menggunakan 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Klepon ketan gula merah:
  1. Sediakan 250 gr tepung ketan putih
  2. Gunakan 50 gr tepung tapioka
  3. Gunakan 225 ml air panas
  4. Sediakan Secukupnya pewarna hijau
  5. Gunakan 1/2 sdt garam untuk kulit klepon
  6. Sediakan Secukupnya gula merah
  7. Ambil 300 gr kelapa parut
  8. Ambil 1/2 sdt garam untuk d kelapa

Rasa kue klepon […] Resep Kue Klepon Ketan Isi Gula Merah - Klepon / kelepon adalah salah satu penganan tradisional Indonesia dan Malaysia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih.

Langkah-langkah membuat Klepon ketan gula merah:
  1. Kukus kelapa parut sebentar saja. Kira kira 5 menit, angkat lalu tambahkan garam. Campur rata dan sisihkan
  2. Campur rata tepung ketan dan tapioka, masukkan air yg sudah di kasi pewarna hijau. Uleni hingga kalis
  3. Ambil sejumput adonan, bulatkan lalu pipihkan isi tengahnya dgn gula merah, bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis
  4. Didihkan air di panci, lalu masukkan klepon. Tunggu hingga mengapung (tanda sudah mateng) lalu angkat dan gulingkan di atas kelapa. Siap di hidangkan

Resep Klepon Gula Merah. deskripsi. bahan. langkah. diskusi. Gurih, kenyal dan pecah di mulut! Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Klepon ketan gula merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved