Bagaimana Menyiapkan Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah yang Lezat Sekali

Owen Blair   21/06/2020 08:44

Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah
Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah

Sedang mencari inspirasi resep kue getas ketan putih dengan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue getas ketan putih dengan gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue getas ketan putih dengan gula merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kue getas ketan putih dengan gula merah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Gemblong Ketan Gula Putih enak lainnya. Lihat juga resep Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah enak lainnya! Getas Ketan Salut Gula Putih By Nona Pramudya Amru.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kue getas ketan putih dengan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah menggunakan 9 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah:
  1. Sediakan 200 gr tp ketan putih
  2. Siapkan 50 gr tp beras
  3. Gunakan 150 gr (1/2 butir) kelapa parut kasar(muda)
  4. Ambil 1 sdt garam
  5. Gunakan 125 ml santan (1/2 kelapa)
  6. Sediakan Minyak secukupnya untuk menggoreng
  7. Sediakan Bahan Salut:
  8. Sediakan 110 gr gula merah
  9. Siapkan 70 ml air(me: kurang lebih 100ml santan)

Perpaduan rasa manis dan gurih, serta tekstur kenyalnya sering kali membuat lidah ketagihan. Apalagi bila disantap sembari bersantai, ditemani secangkir teh hangat atau kopi. Berikut beberapa resep kue tepung ketan lezat, kenyalnya menggiurkan dan bikin ketagihan. Cara membuatnya, masak terlebih dahulu ketan yang sudah direndam selama satu jam dengan kukusan atau rice cooker biasa.

Langkah-langkah membuat Kue getas ketan putih Dengan Gula Merah:
  1. Siapkan semua bahan,rebus santan hingga hangat sisihkan
  2. Campurkan tp ketan,tp beras,kelapa parut,garam dalam wadah,aduk2 sampai rata.
  3. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil aduk2/ diuleni sampai menjadi adonan yg bisa dibentuk
  4. Ambil adonan menggunakan sendok makan lalu bulatkan dan sedikit pipihkan,lakukan terus hingga adonan habis.
  5. Kemudian panaskan minyak dalam wajan dan goreng adonan getas hingga matang(warna kuning kecoklatan),angkat tiriskan
  6. Membuat gula salut: Rebus gula dan air aduk2 hingga gula menjadi karamel(kental dan berbuih),kecil api.Masukkan kue getas aduk2 cepat sampai semua berbalut gula.Matikan api,aduk2 lagi hingga kering
  7. Kue getas siap disajikan

Dalam panci, rebus santan bersama dengan gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air. Aduk hingga tercampur rata dan mendidih. Masukkan ketan yang sudah matang dalam rebusan santan. Resep Nikmat Kue Gemblong Ketan Putih Gula Merah - Salah satu kue khas nusantara dengan bahan dasar tepung beras ketan dengan lapisan gula merah adalah kue gemblong. Kue ini pernah mengalami kepopuleran pada masanya sebelum tersisihkan oleh aneka ragam cemilan dan makanan cepat saja ala western.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue getas ketan putih dengan gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved