Bagaimana Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah yang Lezat

Augusta Bryant   24/06/2020 08:11

Klepon Ketan Isi Gula Merah
Klepon Ketan Isi Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep klepon ketan isi gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ketan isi gula merah yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari klepon ketan isi gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan klepon ketan isi gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Klepon Ketan Gula Merah Balur Keju enak lainnya. Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah Jawa Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Sebaiknya gunakan merek favorit yang sudah cukup terkenal supaya hasilnya enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan klepon ketan isi gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Klepon Ketan Isi Gula Merah menggunakan 8 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Klepon Ketan Isi Gula Merah:
  1. Siapkan 50 gr tepung beras
  2. Gunakan 250 gr tepung ketan
  3. Ambil 250 ml air pandan
  4. Ambil 2-3 tetes pewarna makanan pandan (hijau)
  5. Sediakan 100 gr gula merah
  6. Gunakan 300 gr kelapa parut
  7. Sediakan 1/2 sdt garam
  8. Sediakan 1/4 sdt vanily bubuk

Kue klepon dibuat dengan bahan utama tepung beras ketan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil, lalu di isi dengan irisan gula merah, dan direbus ke dalam air mendidih. Setelah matang, kue Klepon dibalur dengan parutan kelapa sehingga kue klepon menjadi lebih enak dan gurih. Hai kali ini aku akan share resep kue klepon ketan gula merah yang kenyal dan enak. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Langkah-langkah membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah:
  1. Campurkan tepung ketan dan tepung beras, lalu masukkan air pandan karena kurang hijau saya beri pewarna makanan lalu aduk rata dan uleni hingga kalis, jangan terlalu lembek atau keras ya.
  2. Setelah bisa dipulung, sisir gula merah.
  3. Kukus kelapa parut tambahkan vanily bubuk dan garam kedalam kelapa parut.
  4. Ambil 1 sdt adonan bentuk bulat lalu pipihkan.
  5. Isi dengan gula merah, lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Siapkan panci lalu rebus sampai klepon mengapung (ciri sudah matang)
  7. Siapkan diwadah yang lebih lebar (saya pakai nampan bulat) ratakan kelapa parut.
  8. Klepon yang sudah matang langsung gulingkan diatas nampan berisi kelapa parut ya.
  9. Sajikan.

Kue klepon salah satu jajanan tradisional yang dijual dipasar-pasar tradisional. Rasa kue klepon […] Ambil kue klepon diatas dan masukkan kedalam wadah parutan kelapa di atas. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat. Pastikan semua bagian kulit luar klepon tertutupi kelapa dan hidangkan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan klepon ketan isi gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved