Bagaimana Membuat Ketan Gula Merah Anti Gagal

Roxie Carson   28/08/2020 08:22

Ketan Gula Merah
Ketan Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ketan gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ketan gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Ketan Srikaya Gula merah enak lainnya. Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya. Suami bilang, bikin ketan yang ada gula merah dan kelapa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ketan Gula Merah menggunakan 8 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ketan Gula Merah:
  1. Siapkan 250 gram Beras Ketan
  2. Sediakan 1 blok gula merah
  3. Gunakan 2 lembar daun pandan
  4. Gunakan 1 lembar daun jeruk
  5. Sediakan 150 ml air
  6. Sediakan Toping :
  7. Siapkan 200 gram kelapa Parut
  8. Ambil 1/4 sdt garam

Untuk mempercepat proses memasak, gunakanlah santan kental, apalagi sekarang untuk memeras santan sudah menggunakan mesin, jadi pada proses pengambilan santan pertama jangan menambahkan air. Terbuar dari ketan dan gula merah, enak sekali rasanya. Resep cara membuat lupis ketan, adalah salah satu cemilan khas betawi yang populer. Memiliki rasa manis pas yang enak, atau tidak terlalu kuat.

Cara membuat Ketan Gula Merah:
  1. Siapkan beras ketan yang sudah di rendam terlebih dahulu -+ 15 menit.
  2. Siapkan wadah/cetakan kukus. Kukus ketan selama 30 menit. Letakkan daun pandan di atasnya. Angkat dan sisihkan.
  3. Rebus air, gula, daun pandan dan daun jeruk sampai gula hancur merata.
  4. Tuang air gula ke dalam ketan yg sudah di kukus awal.
  5. Kukus kembali selama 30 menit atau sampai ketan matang empuk.
  6. Siapkan toping kelapa parut yg sudah di beri garam.
  7. Potong2 ketan gula merah, kemudian beri toping kelapa parut. Ketan gula merah siap di Hidangkan.

Kue wajit yang terbuat dari ketan, gula merah dan kelapa ini sebenarnya tiap daerah di indonesia sudah ada karena para orang tua kita masih mewariskan, cuma namanya mungkin berbeda. Tampilanya yang berwarna kuning kecoklatan ini membuat kita ingin sekali memakan-nya karena sudah rindu gak pernah makan kue wajik. Bahan bahan Resep Wajik Ketan Manis Gula Merah. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah Resep Wajik Ketan Gula Merah Enak - Inilah Resep Wajik Ketan Gula Merah Enak, Semoga berguna bagi anda yang sedang mencari resep ini. Masih senang dengan aneka makanan ringan tradisional dari Indonesia?

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved