Langkah Mudah untuk Menyiapkan Talam Ketan Gula Merah yang Enak Banget

Julia Underwood   18/10/2020 15:11

Talam Ketan Gula Merah
Talam Ketan Gula Merah

Sedang mencari inspirasi resep talam ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal talam ketan gula merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Talam (pronounce TA-LUM) is a Malay word for tray. It is customary to serve this "tray steam cake" in bite size, not the whole tray :P! Commonly found in Malaysia and Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari talam ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan talam ketan gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan talam ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Talam Ketan Gula Merah memakai 13 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Talam Ketan Gula Merah:
  1. Ambil Bahan ketan
  2. Siapkan 450 gr beras ketan
  3. Siapkan 250 ml santan (dari 1/4 butir kelapa)
  4. Siapkan 3 lembar daun pandan
  5. Ambil 1/4 sdt garam
  6. Ambil Bahan gula merah
  7. Gunakan 125 gr gula merah, iris halus
  8. Ambil 15 gr gula pasir
  9. Siapkan 250 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  10. Sediakan 1/4 sdt garam
  11. Ambil 1 butir telur
  12. Sediakan 13 gr tepung tapioka
  13. Gunakan 50 gr tepung beras

Suami bilang, bikin ketan yang ada gula merah dan kelapa. Cuma si istri tidak mendengarkan, malah sibuk browsing internet mencari yang lain. Bertemulah resep kue Kue Ketan Gula Merah. Fotonya menggiurkan, dan bahannya juga super… Resep Kue Talam Ketan - Kue menjadi salah satu hidangan yang umum ditemukan nyaris pada saat acara apa saja, mulai dari ulang tahun, pernikahan, camilan di sore hari sampai dengan upacara adat.

Langkah-langkah menyiapkan Talam Ketan Gula Merah:
  1. Cuci dan rendam semalaman beras ketan, lalu kukus 15 menit. Rebus bahan ketan sampai mendidih, matikan api, lalu kukus lagi 25 menit. Lalu tata di loyang dan padatkan
  2. Campur semua bahan gula merah (boleh gula gula merah masak mendidih dengan santan, dinginkan, kalo aku di skip proses ini)
  3. Tuang ke atas ketan. Lalu kukus lagi 45 menit, api kecil
  4. Potong dengan spatula saja setelah benar-benar dingin ya.. tutorial ini aku upload ke youtube: rency christi 🙏

Kue bisa kita beli dalam keadaan siap santap ataupun kita olah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko dan pasar tradisional. Mendengar dia memberitahu keenakan kuih ini menjadikan saya memang tak sabar untuk. Kalau ke pasar malam kuih talam gula melaka ni pasti ada. Sememangnya kuih lama ini memang disukai ramai. Rasa kuih tepung talam ini manis dan berlemak.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat talam ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved