Resep Wajik ketan gula merah yang Enak Banget

Andrew Gomez   07/10/2020 01:23

Wajik ketan gula merah
Wajik ketan gula merah

Anda sedang mencari ide resep wajik ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal wajik ketan gula merah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari wajik ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan wajik ketan gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan wajik ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Wajik ketan gula merah memakai 6 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Wajik ketan gula merah:
  1. Sediakan 250 gr beras ketan
  2. Sediakan 600 ml santan kental
  3. Sediakan 2 sdm gula pasir
  4. Gunakan 300 gr gula merah
  5. Siapkan 1 /⁴ sdt garam
  6. Ambil secukupnya Daun pandan

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik.

Langkah-langkah membuat Wajik ketan gula merah:
  1. Masak beras ketan dengan pandan,untuk ukuran air jangan terlalu banyak.
  2. Setelah air susut,kukus beras ketan 12-15mnt.
  3. Kemudian masak santan kental tadi bersama daun pandan,dan garam.
  4. Lalu masukkan gula pasir dan gula merah.
  5. Aduk terus santan agar tidak pecah,sampai warna mulai pekat.
  6. Setelah itu masukkan ketan yang sudah di masak sebelumnya,terus aduk sampai mengental.
  7. Setelah masak pindahkan ke dalam loyang,kemudian biarkan hingga dingin,wajik pun siap di nikmati.

Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna gelap kecoklatan. Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya. Lihat juga resep Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat wajik ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved