Langkah Mudah untuk Menyiapkan Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer yang Enak

Clarence James   21/08/2020 18:56

Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer
Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer

Sedang mencari inspirasi resep buleukat kuah tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal buleukat kuah tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari buleukat kuah tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan buleukat kuah tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Resep Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer. sore tadi saya masak pulut ketan kuah santan nangka gulmer atau dalam bahasa Aceh dikenal dg buleukat Kuah tuhé. Lihat juga resep Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer enak lainnya. Penganan ini sering disajikan dlm perayaan adat dan acara syukuran di Aceh, seringkali disajikan dg versi yg lebih komplit dg tambahan selai srikaya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat buleukat kuah tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer menggunakan 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer:
  1. Gunakan Bahan pulut ketan :
  2. Gunakan 2,5 mug beras ketan putih
  3. Gunakan 0,5 mug beras ketan hitam
  4. Sediakan 1 sdt garam
  5. Gunakan 3 lbr daun pandan ptg jd 2 bagian
  6. Sediakan 70-80 ml santan encer
  7. Sediakan Bahan kuah :
  8. Siapkan 2,5 liter santan kental
  9. Gunakan air kelapa dari 2 butir kelapa
  10. Sediakan 250-300 gr gula merah/ gula aren
  11. Gunakan 1 sdm garam
  12. Siapkan 4 lbr daun pandan simpulkan jadi 2 bagian
  13. Siapkan 20 biji nangka belah jd 3 bagian
  14. Siapkan 10 bh pisang raja belah jd 2 bagian
  15. Gunakan 1 sdt mocca pasta (bole skip)
  16. Ambil 2 sdm maizena (bole skip)
Langkah-langkah menyiapkan Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer:
  1. Campur kedua beras ketan, cuci bersih masukkan kedalam panci bersama garam dan daun pandan. Masukkan santan encer sampai beras terendam sekitar 1 ruas cm tingginya santan dari permukaan beras, tdk perlu dihabiskan 80 ml santan jika beras sdh terendam spya pulut tdk lembek. Aron beras dg santan sampai kering, aduk2 supaya tdk lengket dan gosong. Matikan kompor, sisihkan.
  2. Panaskan kukusan sampai beruap, masukkan aronan beras ketan brsama daun pandan, kukus sampai matang.
  3. Kuah: masak gula merah dg air kelapa sampai larut, kecilkan kompor kemudian saring gulmer. Masak kembali dg santan kental, tambahkan daun pandan, aduk terus sampai mendidih, masukkan pisang, garam dan mocca pasta, masak selama 3 menit sampai kuah terlihat meletup. Masukkan potongan nangka dan maizena yg sdh dilarutkan dg 5 sdm air matang. Aduk terus sekitar 3 menit saja supaya nangka tdk benyek & tekstur kuah kental merata.
  4. Cicipi rasanya, rasanya legit gulmer berpadu dg gurih santan, wangi pandan dan mocca. Sajikan pulut ketan dg kuah santan. Maknyoos sodara…2

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Buleukat Kuah Tuhé aka pulut ketan kuah santan nangka gulmer yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved