Cara Gampang Membuat Kue Lapis Ketan Anti Gagal

Mathilda McCoy   05/07/2020 16:15

Kue Lapis Ketan
Kue Lapis Ketan

Anda sedang mencari inspirasi resep kue lapis ketan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lapis ketan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lapis ketan atau daerah sini menyebutnya lapis pulut,ini merupakan lapis favorit anak saya. Karena tekstur yang kenyal dan legit. Kue lapis tepung ketan enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lapis ketan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kue lapis ketan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah kue lapis ketan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Lapis Ketan memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Kue Lapis Ketan:
  1. Siapkan 30 gr tepung ketan
  2. Siapkan 130 gr tepung kanji
  3. Siapkan 130 gr tepung beras
  4. Siapkan 120 gr gula pasir/menurut selera
  5. Ambil 600 ml santan kental(saya pakai 1 bungkus kara bubuk + air 600ml)
  6. Sediakan Secukupnya garam
  7. Sediakan Pewarna

Kue yang satu ini termasuk dalam golongan kue basah yang sangat enak. Selain memiliki rasa yang manis, kue basah ini juga memiliki tekstur yang sangat kenyal. Sementara engkak ketan memakai telur bebek, susu kental manis, gula pasir, tepung ketan dan. Kue ini terdiri dari dua jenis, yakni kue lapek bugis hitam yang terbuat dari tepung ketan hitam dan lapek bugis putih yang terbuat dari tepung ketan putih.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Lapis Ketan:
  1. Seduh santan dan garam sampai mendidih kemudian dinginkan
  2. Campur semua bahan sisa dan campurkan santan yang sudah dingin sedikit demi sedikit sampai gula dan tepung tidak menggumpal
  3. Bagi jadi 2 mangkuk yg satu kasih pewarna coklat
  4. Olesi cetakan dengan minyak goreng
  5. Kemudian kukus berselang seling selama lima menit jika sudah semua kukus 25 menit lagi agar matang semua

Tepung ketan dicampur dengan gula pasir, santan, dan garam hingga rata kemudian diisi dengan kelapa parut yang diberi gula, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Resep Kue Talam Ketan - Kue menjadi salah satu hidangan yang umum ditemukan nyaris pada saat acara apa saja, mulai dari ulang tahun, pernikahan, camilan di sore hari sampai dengan upacara adat. Kue bisa kita beli dalam keadaan siap santap ataupun kita olah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko dan pasar tradisional. Kue lapis biasanya dibuat dengan tepung beras. Tapi lapis yang satu ini dibuat dengan beras ketan dan sarikaya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue Lapis Ketan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved