Cara Gampang Menyiapkan Nasi Uduk Beras Putih+Merah (Rice Cooker) yang Sempurna

Lottie Reed   22/06/2020 18:21

Nasi Uduk Beras Putih+Merah (Rice Cooker)
Nasi Uduk Beras Putih+Merah (Rice Cooker)

Sedang mencari inspirasi resep nasi uduk beras putih+merah (rice cooker) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk beras putih+merah (rice cooker) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk beras putih+merah (rice cooker), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi uduk beras putih+merah (rice cooker) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Tumpeng Nasi Uduk (merah putih)rice cooker enak lainnya. Cara membuat nasi uduk di rice cooker: Cuci beras seperti biasa, kemudian tiriskan air cucian beras. Sekarang potong bumbu seperti bawang merah dan bawang putih dengan ukuran besar-besar, geprek lengkuas dan serai.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi uduk beras putih+merah (rice cooker) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Nasi Uduk Beras Putih+Merah (Rice Cooker) memakai 19 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi Uduk Beras Putih+Merah (Rice Cooker):
  1. Siapkan 4 cup Beras (campuran red, brown, white)
  2. Ambil 200 ml Kara Coconut Cream
  3. Gunakan Air secukupnya seperti memasak nasi biasa
  4. Gunakan A. BAHAN u/ Dihaluskan
  5. Gunakan 6 siung Bawang Putih
  6. Ambil 4 siung / 1 buah besar Bawang Merah
  7. Siapkan 4 siung / 1 buah besar Bawang Bombay
  8. Gunakan 4 cm Lengkuas
  9. Sediakan 2 butir Kemiri
  10. Gunakan 3 bh Cabai Merah (opsional)
  11. Ambil B. BAHAN u/ Dimemarkan
  12. Gunakan 2 batang Serai (digeprek)
  13. Siapkan 1 lembar Daun Pandan (dibagi dua, ikat)
  14. Ambil 2 lembar besar / 6 lembar kecil Daun Jeruk
  15. Siapkan 3 lembar Daun Salam
  16. Ambil C. BAHAN lainnya
  17. Ambil Garam (secukupnya)
  18. Gunakan Kaldu Jamur (secukupnya)
  19. Sediakan Minyak Goreng (untuk menumis)

Kalau secara tradisional, memasak nasi biasanya cukup ribet, apalagi nasi gurih yang menggunakan santan ini. Batang serai digeprek hingga memar; Panaskan minyak goreng dan tumis semua bumbu halus sampai layu, kemudian diamkan; Cuci beras, dan masukkan panci rice cooker. Tentu saja opsi memasak tradisional akan menghasilkan nasi uduk yang lebih nikmat daripada nasi uduk rice cooker , tetapi bukan berarti nasi uduk rice cooker bisa dipandang sebelah mata. Rebus santan dan masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan garam ke dalam rice cooker, lalu aduk hingga mendidih.

Cara menyiapkan Nasi Uduk Beras Putih+Merah (Rice Cooker):
  1. Haluskan bahan A, siapkan juga bahan B & C untuk di tumis bersama
  2. Tumis semua bahan di group A+B+C hingga wangi semerbak bikin ngiler 😏
  3. Di rice cooker, Cuci beras dengan air, lalu tiris airnya. Masukan Santan Kara ke beras lalu tambahkan air seperti masak nasi biasanya. Aduk hingga air+santan+beras merata (Maap lupa foto aku nya)
  4. Masukan Bumbu A+B+C yang sudah ditumis kedalam beras dan santan tadi, aduk rata
  5. Nyalakan Rice Cooker untuk memasak nasi seperti biasa (kalo bisa jangan dibuka hingga memasak selesai)
  6. Jika sudah selesai, silahkan dibuka, langsung diaduk sampai bawah, tutup lagi sebentar, baru angkat dan sajikan. Jika terlalu basah buka sedikit tutup rice cookernya biarkan uap nya keluar.
  7. Sajikan bersama lauk apa saja yang ada dirumah bu ibu 🙏 selamatt maakaann 😘

Masukkan beras merah yang sudah dicuci ke dalamnya. Tekan tombol cook, tunggu hingga lampu indikator berada dalam mode warm. Aduk kembali, lalu masak sebentar lagi. Nasi uduk beras merah siap disantap. Nasi uduk rice cooker. foto: Instagram/@numpangsaveresep.id.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi uduk beras putih+merah (rice cooker) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved