Bagaimana Menyiapkan 5. Nasi Uduk Betawi asli, Menggugah Selera

Jorge Murray   15/10/2020 20:26

5. Nasi Uduk Betawi asli
5. Nasi Uduk Betawi asli

Sedang mencari inspirasi resep 5. nasi uduk betawi asli yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 5. nasi uduk betawi asli yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 5. nasi uduk betawi asli, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan 5. nasi uduk betawi asli enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep Nasi Uduk Betawi - Nasi uduk sudah menjadi kuliner khas yang eksistensinya seperti tak pernah memudar. Rasanya yang gurih terasa sangat nikmat ketika disantap bersama dengan lauk pelengkap, sayur, dan tak lupa topping sambalnya. Kreasi resep nasi uduk betawi sudah menjadi masakan legenda yang biasanya tersaji di waktu sarapan atau makan siang.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah 5. nasi uduk betawi asli yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan 5. Nasi Uduk Betawi asli menggunakan 14 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan 5. Nasi Uduk Betawi asli:
  1. Siapkan 1 gelas Beras (asli 4 cup beras)
  2. Gunakan 500 ml (air 450ml+50ml santan instan Sasa)
  3. Ambil 1 ruas Lengkuas
  4. Sediakan 1 batang Serai
  5. Ambil 1 lembar daun pandan
  6. Gunakan 2 lembar daun salam
  7. Ambil 1 cm kayu manis
  8. Gunakan secukupnya Garam
  9. Gunakan Bumbu halus:
  10. Sediakan 2 siung bawang merah
  11. Gunakan 1 cm jahe
  12. Siapkan Perlengkapan sesuai selera:
  13. Ambil Kerupuk, bihun, mie goreng, bawang goreng,perkedel,semur tahu
  14. Gunakan Semur jengkol,Ayam goreng, telur dadar, timun, kemangi

Ini karena nasi uduk dimasak setengah matang (diaron) dulu dengan santan dan berbagai bumbu lain seperti daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun salam. Mantapnya lagi, nasi uduk ini disajikan dengan lauk pauk. Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Betawi yang menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang.

Cara menyiapkan 5. Nasi Uduk Betawi asli:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Tuang santan dalam wajan masukkan bumbu, beri garam, masukkan beras masak sambil diaduk sesekali sampai santan menjadi susut
  3. Panaskan kukusan, kemudian kukus nasi aron hingga matang selama 30 mnt. Tutup dialasi kain bersih. Sajikan dengan pelengkap sesuai selera.

Rahasia resep nasi uduk betawi termasuk dalam resep masakan tradisional indonesia. Resep nasi uduk betawi paling enak dan komplit. Nasi uduk juga termasuk resep masakan jawa, hal ini karena kita menemukan berbagai macam nasi uduk pada setiap daerah. Cita rasa gurih nasi uduk lebih terasa sehingga akan membuat anda ketagihan. Nasi uduk sangat familiar sebagai sarapan di Jakarta.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan 5. nasi uduk betawi asli yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved