Resep Nasi Uduk Betawie Anti Gagal

Wayne Hart   30/11/2020 01:00

Nasi Uduk Betawie
Nasi Uduk Betawie

Lagi mencari inspirasi resep nasi uduk betawie yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk betawie yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi uduk can be served as breakfast, with a simple side dish of telur dadar gulung (rolled fried egg). It can also be served as lunch/dinner, typically with ayam ungkep (fried chicken) , fried tempeh , fried tofu, and sambal terasi (shrimp paste chili sauce) on top of the egg. Nasi Uduk or Scented Coconut Rice from Jakarta (Betawi) is a great pair with Ayam Bakar Bumbu Rujak (Barbequed Chicken with Chili Coconut Sauce).

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk betawie, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi uduk betawie enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi uduk betawie yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Uduk Betawie menggunakan 6 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Uduk Betawie:
  1. Sediakan 4 gelas beras
  2. Gunakan 400 ml santan kara
  3. Siapkan 3 batang serai
  4. Gunakan 5 lembar daun salam
  5. Siapkan 2 lembar daun pandan
  6. Siapkan secukupnya Garam

Nasi uduk ini mempunyai citarasa yang gurih karena dimasak bersama santan dan bumbu rempah seperti daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun salam. Bisnis.com, JAKARTA – Nasi uduk Betawi adalah masakan khas ibukota DKI Jakarta yang banyak ditemukan di pinggir jalan dari para pedagang kaki lima. Makanan ini tersebar merata hampir di seluruh DKI Jakarta. Berbeda dengan nasi putih biasa, tekstur nasi uduk tidak lengket dan rasanya pun tidak benyek.

Langkah-langkah membuat Nasi Uduk Betawie:
  1. Pertama bersihkan beras, siapkan magic com kemudian masukkan beras yang sudah dicuci. Masukkan serai, daun salam dan daun pandan. Aduk merata dan siapk di masak di magic com.
  2. Kedua jika sudah mulai aron, siapkan langseng atau kukusan nasi. Pindahkan adonan nasi yg di magic com ke langseng. Kenapa repot bgt sampe harus masukkin ke langseng ? Karena masak nasduknya banyak, hampir 1 magic com full jadi yg bawah mateng yg atas belum matang.
  3. The last, siapkan wadah untuk nasi uduk.sajikan dengan jengkol balado dan ayam goreng. 😉

Aromanya pun punya ciri khas tersendiri dan sangat harum. Ini karena nasi uduk dimasak setengah matang (diaron) dulu dengan santan dan berbagai bumbu lain seperti daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun salam. Sedang ngidam sarapan nasi uduk khas Betawi dengan semur dan sambal kacang yang enak. Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Betawi yang menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Uduk Betawie yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved