Resep Nasi Uduk ala mami Anti Gagal

Landon Craig   04/11/2020 21:02

Nasi Uduk ala mami
Nasi Uduk ala mami

Anda sedang mencari ide resep nasi uduk ala mami yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk ala mami yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi uduk komplet siap untuk disantap. Sama halnya dengan nasi goreng, nasi uduk juga menjadi salah satu varian nasi yang banyak ditemukan hampir di setiap daerah. Memiliki rasa yang lezat dan gurih menjadikan nasi uduk sebagai menu makanan yang banyak disukai oleh semua kalangan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk ala mami, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi uduk ala mami yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi uduk ala mami sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi Uduk ala mami memakai 7 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Uduk ala mami:
  1. Ambil 1 kg Beras Pulen
  2. Gunakan 6 Siung Bawang Putih
  3. Ambil 2 Lembar Daun Pandan
  4. Ambil 6 Lembar Daun Jeruk
  5. Siapkan 2 Batang Sereh Memarkan
  6. Gunakan 2 1/2 sdt Garam
  7. Ambil 1200 ml Santan (Kekentalan Sedang)

Nasi uduk merupakan salah satu hidangan khas nusantara yang begitu familiar seperti soto ataupun nasi goreng. Proses pembuatan nasi uduk tidak jauh berbeda dengan nasi kuning. Saya paling suka nasi uduk ala Betawi. Nasi uduk betawi ini sekilas mirip dengan olahan nasi uduk dari daerah lain, hanya nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah.

Cara membuat Nasi Uduk ala mami:
  1. Cuci Bersih Beras, Tiriskan
  2. Tumis Bawang Putih, Sereh, Daun Pandan, Daun Jeruk, Tambahkan 100ml Santan & Garam Tumis Sampai Harum
  3. Masukkan Sisa Santan Masak Sampai Mendidih
  4. Setelah Santan Mendidih Masukkan Beras, Aron Beras Sampai Santan Menyusut
  5. Setelah Santan Menyusut Pindahkan Beras Aron Kedalam Panci Kukusan Yang Telah Panas
  6. Masak +/- 45 Menit Sampai Nasi Uduk Matang
  7. Sajikan Dengan Lauk Pelengkap (Kering Kentang/Kentang Mustofa, Sambal, Lelapan, Telur Suwir & Ayam Goreng.

Namun, hal yang membuat nasi uduk betawi lebih istimewa adalah penggunaan. Nasi uduk bisa Anda temui dengan mudah di tiap pelosok kawasan Jakarta, dari pagi hingga malam hari. Nasi yang diolah dengan santan ini memiliki banyak sekali peminat karena rasa lezat dan gurih serta banyaknya ragam lauk pendamping untuk manyantap hidangan ini. Baca Juga : Resep Mie Aceh Tumis Kuah Nyemek Sederhana ala Rumahan Yang Enak dan Mudah Dibuat. Nasi uduk atau dalam bahasa Belanda rijst vermengd met onrust van de liefde (disingkat jaloerse rijst) adalah nama makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi uduk ala mami yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved