Resep Nasi Uduk Merah, Kuning, Hijau, Lezat

Herman Jennings   22/07/2020 17:40

Nasi Uduk Merah, Kuning, Hijau
Nasi Uduk Merah, Kuning, Hijau

Sedang mencari ide resep nasi uduk merah, kuning, hijau yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi uduk merah, kuning, hijau yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Berdasarkan dari namanya, nasi uduk berbeda dengan nasi biasa ataupun nasi kuning, hal tersebut dilihat dari cara pembuatannya maupun dari rasanya. Apabila nasi biasa dimasak hanya dengan menggunakan air, nasi uduk dimasak dengan menggunakan santang dan dibumbui dengan. Resep Nasi Uduk - Nasi uduk merupakan olahan tradisional yang dibuat dari beras dengan campuran santan dan bumbu serta pelengkap lain.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk merah, kuning, hijau, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi uduk merah, kuning, hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi uduk merah, kuning, hijau yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Uduk Merah, Kuning, Hijau menggunakan 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Uduk Merah, Kuning, Hijau:
  1. Siapkan Beras
  2. Sediakan Kelapa Parut
  3. Siapkan Daun Salam
  4. Siapkan Sereh
  5. Sediakan Daun Jeruk
  6. Sediakan Garam
  7. Sediakan Pewarna :
  8. Gunakan Daun Pandan blender dg 1/2 gelas santan, saring (Hijau)
  9. Sediakan Buah Bit, blender dg 1/2 gelas santan, saring (Merah)
  10. Ambil Kunyit Bubuk, cairkan dg 1/2 gelas santan (Kuning)

Caranya seperti masak nasi pada umumnya, hanya saja untuk airnya diganti dengan santan. Beras bisa diganti dengan beras merah, untuk mendapatkan nasi uduk merah. Sedangkan untuk nasi uduk kuning dan hijau, maka anda. Itulah lima resep nasi uduk yang lezat dan tidak lupa juga cara membuatnya yang gampang sehingga kamu bisa coba bikin di rumah.

Cara membuat Nasi Uduk Merah, Kuning, Hijau:
  1. Peras kelapa parut, dengan 1,5 liter air (santan kental), tambahkan garam, masak diatas kompor sampai mendidih, aduk terus jangan sampai santan pecah, setelah mendidih tiriskan
  2. Siapkan wajan besar, masukkan beras yang sudah dicuci, tambahkan daun salam, sereh, daun jeruk, lalu masukkan santan, pastikan takaran santan sampai 1 ruas jari, jika santan kurang bisa tambah air biasa, masak sampai air susut, sambil masak sambil terus diaduk agar tidak gosong, hati2 mengaduknya agar beras tidak pecah2
  3. Setelah selesai, bagi beras yang sudah diaron menjadi 3 bagian, masing2 tambahkan pewarna aduk sampai rata, lalu kukus kurang lebih 30 menit atau sampai nasi matang

Resep nasi uduk - Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Terdapat banyak sekali jenis makanan yang baik dan menyehatkan, salah satunya yaitu nasi uduk. Nah, Anda bisa menggunakan beberapa resep nasi uduk untuk makanan sehari-hari. Sajikan nasi uduk berwarna hijau tersebut beserta lauk dan sambal kacangnya. Tunggu hingga matang dan sajikan selagi hangat dengan taburan bawang merah goreng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi uduk merah, kuning, hijau yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved