Cara Gampang Menyiapkan Nasi Uduk Rice Cooker yang Lezat Sekali

Willie Rodgers   15/10/2020 08:18

Nasi Uduk Rice Cooker
Nasi Uduk Rice Cooker

Sedang mencari inspirasi resep nasi uduk rice cooker yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk rice cooker yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk rice cooker, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi uduk rice cooker yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Back in the days, cooking nasi uduk is just downright complicated. The rice needs to be half cooked in a pot on a stove, and then transfer to a steamer to finish the cooking process. My Mom still use that method to make her nasi uduk.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi uduk rice cooker yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Uduk Rice Cooker memakai 12 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Uduk Rice Cooker:
  1. Sediakan beras
  2. Ambil santan kara (65ml)
  3. Siapkan Air 800ml (bisa dikira2)
  4. Gunakan Bumbu:
  5. Ambil bawang putih
  6. Siapkan bawang merah
  7. Sediakan cabe keriting (boleh skip)
  8. Gunakan sereh (geprek)
  9. Sediakan laos (geprek)
  10. Ambil daun jeruk
  11. Sediakan daun salam
  12. Sediakan Garam

We can find Nasi Uduk sold in roadside stalls in Jakarta which open exclusively in the morning, noon, or night, depending on the demographic of the surrounding areas. Umumnya pedagang nasi uduk menggunakan beras pera super (harganya lebih mahal). Keunggulan beras ini meskipun dikasih banyak air, nasi tetap mencar-mencar (tidak lengket/gumpal) dan nasinyapun tidak keras(empuk). Nasi uduk merupakan hidanga utama khas di Indonesia.

Langkah-langkah membuat Nasi Uduk Rice Cooker:
  1. Cuci bersih beras. Lalu sisihkan. Siapkan bumbu nasi uduk. Kemudian iris bawang merah dan bawang putih dan cabe keriting.
  2. Tumis bumbu dengan sedikit minyak. Beri tambahan 1 sdt garam, tumis hingga harum. Menumisnya sebentar saja ya.
  3. Kemudian, encerkan santan kara dalam air, lalu masukkan bumbu dan juga santan kedalam wadah rice cooker berisi beras yg sudah di cuci. Masak seperti biasa dengan rice cooker tekan tombol cook dan tunggu sampai matang.
  4. Jika sudah matang, bisa diaduk2 merata ya. Lalu tutup lagi dlm posisi warm selama 10-15 menit. Jika sudah, Langsung bisa disajikan dengan lauk pelengkap, saya pakai lauk sate usus, sambel bajak, bihun goreng kecap, orek tempe dan lalapan.

Nasi uduk memiliki cita rasa yang enak, dilengkapi dengan lauk-pauk yang komplit dan juga membuatnya cukup mudah dengan menggunakan rice cooker. Nasi uduk yang berasal dari Betawi sangat terkenal. My Jakarta travel guide for food lovers: Rice is the main staple in most of Indonesia, but there are many different versions and preparations of rice. One of the versions I love the most is called nasi uduk, rice, thats cooked with a variety of fragrant herbs and spices, and the main ingredient: coconut milk. Membuat nasi uduk dengan rice cooker merupakan cara memasak yang paling mudah dan praktis.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Uduk Rice Cooker yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved