Resep Nasi Uduk Ayam Suwir Anti Gagal

Luis Reed   30/07/2020 09:29

Nasi Uduk Ayam Suwir
Nasi Uduk Ayam Suwir

Sedang mencari inspirasi resep nasi uduk ayam suwir yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi uduk ayam suwir yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi uduk gurih dengan topping sambal terasi, scrambled egg, bawang goreng, kini makin lengkap dengan suwiran ayam goreng. Nasi uduk is an Indonesian Betawi style steamed rice cooked in coconut milk dish, originally from Jakarta, that can be widely found across the country. Nasi uduk literally means "mixed rice" in Betawi dialect, related with Indonesian term aduk ("mix").

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk ayam suwir, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi uduk ayam suwir enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi uduk ayam suwir sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi Uduk Ayam Suwir menggunakan 22 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Uduk Ayam Suwir:
  1. Sediakan Bahan nasi
  2. Ambil beras
  3. Ambil santan
  4. Sediakan Lengkuas
  5. Gunakan Daun salam
  6. Gunakan Serai
  7. Sediakan Daun jeruk
  8. Sediakan garam
  9. Gunakan Bahan ayam suwir
  10. Sediakan ayam
  11. Sediakan Wortel
  12. Sediakan bawang merah
  13. Ambil bawang putih
  14. Sediakan Merica (optional)
  15. Siapkan kemiri
  16. Siapkan Cabai (selera)
  17. Sediakan Lengkuas
  18. Gunakan Serai
  19. Gunakan Daun salam
  20. Gunakan Garam
  21. Ambil Gula merah
  22. Gunakan Minyak untuk menumis

Resep Nasi Uduk - Salah satu dari variasi nasi biasa yang memiliki banyak penggemar adalah nasi uduk. Selain rasa yang gurih nasi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan di beberapa warung nasi biasanya dijual dengan harga tidak lebih dari Rp. Separuh bagian dada ayam, rebus kaldunya disisihkan.

Langkah-langkah membuat Nasi Uduk Ayam Suwir:
  1. Cuci beras, tambahkan santan, seperti masak nasi biasa, hanya air diganti dengan santan. Beri lengkuas (geprek dulu), serai (geprek dulu), daun salam dan daun jeruk kemudian garam. Aduk2 sebentar lalu masukkan dalam rice cooker. "Jangan lupa pencet tombol cook nya ya" 🤭
  2. Sambil menunggu nasinya matang. Cuci ayam sampai bersih, lalu rebus sampai matang. Saya kalau masak ayam negri selalu saya rebus dulu agar zat adiktif yg terkandung didalamnya berkurang.
  3. Sambil menunggu ayam matang, potong wortel sesuai selera, kemudian cuci bersih.
  4. Setelah ayam matang, tiriskan lalu goreng setengah matang (optional aja ya). Tunggu agak dingin lalu suir2 ayam.
  5. Ulek bawang merah, bawang putih, merica, cabai dan kemiri.
  6. Goreng bumbu halus, tambahkan serai, lengkuas, daun salam. Setelah harum masukkan wortel dan ayam, tambahkan secukupnya air agar wortel matang, tambahkan garam dan gula, tes rasa tunggu matang dan sajikan bersama nasi uduk.

Demikian resep praktis memasak Nasi Bakar yang sedap, berisi suwir ayam. Anda juga bisa mengganti ayam dengan ikan asin dll. Packed nasi uduk with ayam suwir (shredded chicken), slices of cucumber, shredded omelette, and tempe orek (tempeh stir fried with soy sauce). Resep nasi bakar ayam merupakan salah satu menu masakan yang cukup banyak dicari & disukai saat ini. Gurihnya daging ayam dengan teksturnya yang khas akan semakin menggugah selera makan jika dipadukan dengan nasi yang memasaknya dengan cara dibakar, karena wanginya memang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi uduk ayam suwir yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved