Cara Gampang Menyiapkan Nasi Uduk Biru Bunga Telang yang Lezat

Jay Nichols   19/06/2020 01:07

Nasi Uduk Biru Bunga Telang
Nasi Uduk Biru Bunga Telang

Lagi mencari inspirasi resep nasi uduk biru bunga telang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi uduk biru bunga telang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk biru bunga telang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi uduk biru bunga telang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nasi Uduk Bunga Telang rasanya sama mirip nasi uduk biasa cuma ya itu warnanya aja asli dari bunga telangnya. Nasi Uduk Bunga Telang—⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Pernah mendengar bunga telang? Adalah kembang yang biasa ditemui di tepi hutan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi uduk biru bunga telang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Uduk Biru Bunga Telang memakai 15 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Uduk Biru Bunga Telang:
  1. Sediakan bunga telang
  2. Sediakan air
  3. Siapkan beras (takaran magic com)
  4. Sediakan santan instant (65ml)
  5. Sediakan garam
  6. Gunakan sere
  7. Gunakan daun jeruk
  8. Ambil daun pandan
  9. Sediakan Pelengkap:
  10. Sediakan Mihun goreng
  11. Sediakan Telur dadar rawis
  12. Siapkan Ayam suwir bumbu bali
  13. Ambil Sambal bajak
  14. Gunakan Timun
  15. Ambil Tomat

Langkah awalnya adalah bunga Telang dimasak dengan santan dahulu hingga berwarna biru. Resep Nasi Uduk - Nasi uduk merupakan olahan tradisional yang dibuat dari beras dengan campuran santan dan bumbu serta pelengkap lain. Bunga telang bukan barang baru lagi di dunia kuliner. Campuran bunga yang satu ini akan memberikan rasa khas yang unik dan berbeda.

Cara menyiapkan Nasi Uduk Biru Bunga Telang:
  1. Rebus air, santan instan, bunga telang, daun jeruk, sereh, garam sampai mendidih. Tunggu beberapa saat sampai warna biru nya keluar. Matikan api. Saring, ambil airnya saja.
  2. Cuci bersih beras, masukkan ke dalam panci magic com. Masukkan air rebusan tadi sebanyak 1500 ml. Sereh, daun jeruk dan pandan boleh dimasukkan juga. Tutup, tekan tombol cook, tunggu hingga matang. Begitu nasi matang, langsung aduk2 nasi supaya rata, tutup kembali magic comnya.
  3. Sambil menunggu nasi matang buat pelengkapnya seperti dadar rawis, sambal, irisan timun dan tomat, ayam suwir bumbu bali (bisa dilihat di https://cookpad.com/id/resep/13048813-ayam-suwir-bumbu-bali-ala-bu-machmudah?invite_token=NsgwWq8eVcCUPBMte4cUP5bL&shared_at=1594991022), mihun goreng (resep klik di sini https://cookpad.com/id/resep/12918157-mihun-goreng?invite_token=oeXKKrTwomhjRiQLdcRMT24s&shared_at=1594991141)

Nasi uduk indonesia dan ayam goreng metode marinasi desaku. Henni Martini, pembuat nasi bakar biru bunga telang, mengaku banjir pesanan setiap pekannya. Nasi bakar ini memiliki rasa yang gurih, dari bahan Bunga telang dianggap memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Cara membuat nasi bakar biru bunga telang, pertama bunga telang direbus hingga. Bunga telang dahulu hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tumbuh di pekarangan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi uduk biru bunga telang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved