Resep Nasi uduk daun jeruk, Sempurna

Lucinda Romero   18/08/2020 23:45

Nasi uduk daun jeruk
Nasi uduk daun jeruk

Sedang mencari inspirasi resep nasi uduk daun jeruk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi uduk daun jeruk yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk daun jeruk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi uduk daun jeruk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

"BACOT TIDAK SAMA DENGAN BULLY" MasterChef Ade meskipun sering dipanggil "King of Bacot" oleh para netizen, namun dia tidak pernah merendahkan apalagi. Resep Nasi Uduk - Salah satu dari variasi nasi biasa yang memiliki banyak penggemar adalah nasi uduk. Selain rasa yang gurih nasi ini dijual dengan Kemudian blender atau dapat diulek, masak dan tambahkan daun jeruk, air secukupnya, garam, lada, gula serta penyedap, lalu masak sampai matang.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi uduk daun jeruk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi uduk daun jeruk memakai 6 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi uduk daun jeruk:
  1. Sediakan 700 g beras
  2. Ambil 750 ml santan perasan pertama dari 1 gelondong kelapa
  3. Sediakan 3 lembar daun salam
  4. Sediakan 2 lembar daun pandan
  5. Siapkan Secukupnya garam
  6. Sediakan 12 lembar daun jeruk

Aromanya pun punya ciri khas tersendiri dan sangat harum. Ini karena nasi uduk dimasak setengah matang (diaron) dulu dengan santan dan berbagai bumbu lain seperti daun jeruk, lengkuas, serai. Resep Nasi Uduk - Bingung menentukan menu sarapan atau jenuh dengan menu yang sama setiap harinya? Saatnya kini Anda melakukan inovasi rasa.

Cara membuat Nasi uduk daun jeruk:
  1. Beras, santan, salam, pandan, garam (jangan kelewat banyak nanti keasinan) diaron dengan api sedang sambil terus diaduk sampai jadi aronan.
  2. Cek rasa apakah asinnya sudah pas. Kalau kurang asin busa ditambahkan garam, sesuaikan dengan selera.
  3. Tambahkan rajangan daun jeruk. Aduk rata. Diamkan aronan sampai set.
  4. Sementara itu, didihkan air dalam kukusan.
  5. Setelah mendidih, kukus nasi dengan api kecil selama 30 menit sampai tanak.
  6. Siap dihidangkan bersama lauk. Bisa ditambahkan taburan bawang goreng (opsional)

Pertama, rebuslah daging sapi dengan air, daun salam, daun serai, daun jeruk, serta jahe sampai ¾ matang. Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Betawi yang menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang. Nasi uduk memang terlihat sama seperti nasi pada umumnya. Namun, nasi yang satu ini tentu saja berbeda, mulai dari rasa hingga bumbu yang Lalu campurkan dengan sereh, daun salam, daun jeruk, santan dan garam sesuai selera.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi uduk daun jeruk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved