Resep Ayam Tempe Goreng Bacem yang Enak Banget

Elmer Harmon   30/07/2020 19:21

Ayam Tempe Goreng Bacem
Ayam Tempe Goreng Bacem

Sedang mencari inspirasi resep ayam tempe goreng bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam tempe goreng bacem yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam tempe goreng bacem, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam tempe goreng bacem yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Goreng sebentar dalam minyak goreng yang telah dipanaskan hingga tempe kecokelatan. Untuk melengkapi santap siang Anda atau santap malam hari ini, cobalah membuat bacem tempe yang enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam tempe goreng bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ayam Tempe Goreng Bacem memakai 13 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Tempe Goreng Bacem:
  1. Siapkan 500 gr ayam, potong2
  2. Gunakan 1 bungkus tempe, potong2
  3. Sediakan 5 lembar daun salam
  4. Ambil 3 cm lengkuas, geprek
  5. Ambil 1 sdm asam jawa
  6. Gunakan 50 gr gula jawa, sisir
  7. Sediakan 500 ml air
  8. Ambil Bumbu Halus :
  9. Gunakan 5 siung bawang merah
  10. Siapkan 3 siung bawang putih
  11. Sediakan 1/2 sdt jinten
  12. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk
  13. Sediakan 1 sdt garam

Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan. Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem.

Cara membuat Ayam Tempe Goreng Bacem:
  1. Tata di dalam wajan ayam dulu, kemudian tempe dan tahu di paling atas. Beri bumbu halus, daun salam, asam jawa, lengkuas, dan gula jawa. Lalu beri air hingga terendam semua.
  2. Ungkep hingga air menyusut habis.
  3. Goreng di dalam minyak panas. Jangan terlalu lama karna bacem mengandung gula jadi gampang gosong. Bisa juga di simpan di wadah tertutup rapat di simpan di kulkas untuk di goreng sewaktu-waktu.

Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Tempe Goreng Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved