Resep Peyek tempe goreng Anti Gagal

John Bush   20/08/2020 20:45

Peyek tempe goreng
Peyek tempe goreng

Lagi mencari inspirasi resep peyek tempe goreng yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal peyek tempe goreng yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Pertama kali merasakan tempe berbalut tepung ini waktu aku msh kecil di Gresik. Lihat juga resep Gimbal Tempe Kriuk (Tempe Goreng Tepung.) enak lainnya. Sisca mengatakan, maizena atau sagu berguna untuk mengisap air yang ada dalam adonan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari peyek tempe goreng, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan peyek tempe goreng enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah peyek tempe goreng yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Peyek tempe goreng menggunakan 10 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Peyek tempe goreng:
  1. Gunakan 1 papan tempe (uk. Sedang)
  2. Siapkan 3 sdm tepung kanji
  3. Sediakan 2 sdm tepung serbaguna
  4. Sediakan 2 sdm tepung terigu
  5. Sediakan 2 lembar daun jeruk (iris tipis-tipis)
  6. Gunakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  7. Sediakan secukupnya Kunyit bubuk
  8. Sediakan secukupnya Garam
  9. Siapkan secukupnya Air
  10. Siapkan Minyak untuk menggoreng

Namun jika lebih suka yang renyah krispi dan tidak lembek meski sudah dingin, ada triknya. Masukkan adonan tersebut di atas wajan panas, di mulai dari bagian pinggir wajan sehingga membentuk lapisan tipis. Goreng di atas api sedang sampai matang kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan, lakukan hingga adonan habis.

Cara menyiapkan Peyek tempe goreng:
  1. Aduk semua bahan-bahan, kecuali tempe and minyak goreng. Pastikan tercampur semua, lalu koreksi rasa.
  2. Iris tempe tipis-tipis, lalu masukkan ke adonan.
  3. Panaskan minyak lalu goreng tempe hingga berwarna keemasan, dan angkat.
  4. Tempe siap dinikmati, hidangkan bersama sambal kecap lebih nikmat.

Peyek adalah teman setia yang tak pernah mengecewakan saat makan pecel. Walau makanannya sudah habis, kadang kita sulit untuk berhenti mengudap peyek ini. Apalagi kalau peyeknya sangat renyah, enak, plus banyak irisan halus daun jeruk yang sedap. Tempe yang menjadi bahan dasarnya harus terbuat dari kedelai yang bagus dan rasanya tidak pahit, serta memudahkan saat pengirisan tempe menjadi lembaran-lembaran kripik tipis. Lazimnya peyek dibuat dengan campuran santan agar lebih renyah.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Peyek tempe goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved