Langkah Mudah untuk Membuat Soto Ayam Sumenep yang Sempurna

Peter Hampton   25/11/2020 20:54

Soto Ayam Sumenep
Soto Ayam Sumenep

Lagi mencari ide resep soto ayam sumenep yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam sumenep yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto ayam sumenep, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan soto ayam sumenep enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Saya mau ajakin sobat Cookpaders, masak Soto Ayam ala Madura khususnya daerah Sumenep Soto Ayam Sumenep ini,isiannya ketupat,daging ayam,soun,taoge goreng,dan yang unik diberi sambal kacang,,,, Sambal kacangnya ini,biasanya dipakai untuk bumbu Rujak Topa' khas Madura Jadi makan Soto Ayam Sumenep ini memang unik,makan soto yang berasa rujak,,, soto ayam sumenep soto ayam soto campor madura sumenep soto madura khas sumenep Terbaru; Teruji; Resep 'soto sumenep' paling teruji. Soto singkong daging khas sumenep madura. Biasanya pada waktu lebaran soto singkong ini selalu menjadi makanan yang dinantikan oleh keluarga.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto ayam sumenep yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto Ayam Sumenep menggunakan 32 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto Ayam Sumenep:
  1. Siapkan 500 gr daging ayam
  2. Sediakan 2 liter air
  3. Gunakan 2 lembar daun salam
  4. Siapkan 3 lembar daun jeruk,buang tulang daunnya
  5. Sediakan 1 batang sereh,ambil bagian putihnya,geprek
  6. Gunakan 1 batang daun bawang prei,utuh
  7. Siapkan 1 batang seledri,utuh
  8. Siapkan 3 butir cengkeh
  9. Ambil ~Bumbu halus~
  10. Gunakan 5 siung bawang putih
  11. Sediakan 3 butir bawang merah
  12. Sediakan 1/2 sdt lada(bisa +/- sesuai selera
  13. Siapkan 1/4 biji pala
  14. Ambil 3 butir kemiri,sangrai
  15. Siapkan 1 ruas jahe
  16. Ambil 1 ruas kunyit,sangrai
  17. Ambil 1 sdt gula pasir(bisa +/- sesuai selera)
  18. Ambil 2 sdt garam(bisa +/- sesuai selera)
  19. Siapkan 50 ml air bersih untuk mentanakkan bumbu
  20. Ambil ~Bahan Sambal Kacang~
  21. Ambil 3 sdm kacang tanah goreng
  22. Sediakan 1/2 sdt petis ikan(bisa +/- sesuai selera)
  23. Sediakan 3 buah cabe rawit
  24. Siapkan 50 ml air matang (bisa +/- sesuai selera)
  25. Siapkan ~Pelengkap~
  26. Ambil Soun seduh air hangat
  27. Ambil 1 buah jeruk nipis
  28. Sediakan 2 sdm bawang merah goreng
  29. Ambil 3 sdm taoge goreng
  30. Ambil 3 sdm kecap manis
  31. Sediakan 4 butir telur(skip)
  32. Gunakan 3 sdm Minyak untuk menumis

Bagi yang suka pedas, pasti ketagihan akan rasa khas soto campor khas Sumenep yang satu ini. Berbicara tentang kuliner berkuah Sumenep merupakan surganya, terdapat banyak varian dari kuliner berkuah yang merupakan khas Sumenep, salah satunya adalah Soto Sumenep, yang merupakan makanan khas Sumenep yang tidak dijumpai dimanapun, berbeda dengan soto madura yang kita kenal Soto Sumenep memiliki rasa yang lebih otentik. Jika semuanya matang, hidangkan di piring dengan mi soun, nasi putih, suwiran ayam, jeruk nipis, dan seledri. Kamu juga bisa menaburkan koya yang terbuat dari remukan kerupuk udang.

Cara membuat Soto Ayam Sumenep:
  1. Siapkan 500 ml air untuk rebusan pertama,rebus sebentar,buang airnya, ganti dengan air yang baru
  2. Siapkan gelas blender, masukkan bahan bumbu halus,blender sampai halus, kemudian panaskan 3 sdm minyak sayur,tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan 50 ml air (untuk mentanakkan bumbu),tumis hingga bumbu mengeluarkan minyak, angkat,sisihkan
  3. Siapkan air rebusan kedua,rebus ayam dengan api kecil, masukkan daun salam, seledri,cengkeh,1 batang daun bawang,masak sebentar,masukkan bumbu halus yang ditumis tadi, bubuhi gula pasir, garam, kaldu bubuk dan koreksi rasa,masak sampai daging ayam empuk dan bumbu meresap, angkat, sisihkan
  4. Sambal kacang: ini petis ikan yang saya pakai, berbahan baku air kaldu ikan cakalan, kemudian siapkan bahan sambal, haluskan semua, tambahkan air matang, dan koreksi rasa
  5. Siapkan lontong atau ketupat,potong2 sesuai selera,beri suwiran ayam,soun,taoge goreng, siram kuahnya, terakhir sambal kacang tadi,taburi bawang goreng dan kecap manis,sajikan,,,,
  6. Hhmmm,, yummmyyy,, makan soto daging ayam dan berasa rujak,,,

Itulah empat resep masakan khas Sumenep yang bisa kamu coba di rumah. Awalnya, kuliner yang satu ini terkenal di Desa Lenteng, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Namun, soto campor mulai berkembang hingga banyak outlet yang ikut mencoba resepnya sebagai salah satu menu jualan. Soto campor sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto lainnya. Lokasi : Warung Adnan Ibu Rum, Sumenep.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Ayam Sumenep yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved