Resep Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju) yang Menggugah Selera

Harriett Beck   03/11/2020 16:53

Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju)
Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju)

Sedang mencari ide resep bakpia pathuk versi kering (cokelat-keju) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bakpia pathuk versi kering (cokelat-keju) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bakpia (Hanacaraka:ꦧꦏ꧀ꦥꦶꦪ ꦥꦛꦸꦏ꧀, bakpia pathuk) adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia asal mulanya berasal dari daratan Tiongkok. Pingin makan bakpia pathok tapi loh ya jauh banget di Jogja.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakpia pathuk versi kering (cokelat-keju), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan bakpia pathuk versi kering (cokelat-keju) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bakpia pathuk versi kering (cokelat-keju) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju) menggunakan 21 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju):
  1. Sediakan 🖤 Bahan kulit I :
  2. Gunakan terigu serbaguna
  3. Sediakan gula halus
  4. Sediakan minyak goreng
  5. Siapkan air
  6. Sediakan garam
  7. Ambil 🖤 Bahan kulit II :
  8. Siapkan terigu serbaguna
  9. Sediakan minyak goreng
  10. Sediakan 🖤Bahan isian :
  11. Ambil terigu serbaguna, sangrai selama 5 menit, dinginkan
  12. Gunakan susu bubuk
  13. Ambil air es (saya 3 sdm, tuang per 1 sdm dulu)
  14. Siapkan gula halus
  15. Gunakan margarin
  16. Ambil 🖤 Campuran isi :
  17. Ambil cokelat bubuk (saya cuma pakai 5 gram, abis mak 😅)
  18. Gunakan cheddar parut (*tambahan saya)
  19. Ambil untuk isian keju, banyaknya keju disesuaikan selera aja
  20. Siapkan Atau
  21. Ambil cokelat bubuk (kalau isian cokelat semua)

Kulit pia ini beremah dan merupul (duh.bahasa nya apa yaa 😁). Memproduksia bakpia basah maupun kering dengan varian rasa seperti cokelat, keju, crispy, ubi, kacang hijau, green tea dan kumbu hitam. Beberapa varian seperti kacang hijau, keju, coklat, durian, hingga nanas tersedia disini. Resep Bakpia Pathok Jogja Kumbu Kacang Hijau, Coklat dan Keju Lengkap Dengan Cara Membuat Resep Kulit Bakpianya.

Langkah-langkah menyiapkan Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju):
  1. Kita buat bahan isiannya terlebih dahulu. Campur semua bahan isi, aduk rata. Bagi dua adonan isi, satu bagian campur dengan cokelat bubuk, bagian lainnya campur dengan keju cheddar parut.
  2. Karena cokelat bubuk saya sedikit, jadi porsi adonan isi yang dicampur cokelat hanya 100 gram.
  3. 🖤 Cara membuat kulit bakpia 🖤
  4. Campur semua bahan kulit I, uleni hingga rata sampai adonan kalis dan lembab. Sisihkan
  5. Campur semua bahan kulit II hingga rata, adonan hasilnya mawur tapi sedikit lembab.
  6. Bagi kedua adonan menjadi 20 bagian.
  7. Gilas adonan I, lalu ratakan adonan II di atasnya. Lipat amplop, gilas lagi. Lakukan sebanyak tiga kali.
  8. Pipihkan adonan, beri bahan isi, bulatkan dan pipihkan. Lakukan hingga habis. (Kudu telaten ye, mak)
  9. Tata di loyang yg dioles sedikit margarin.
  10. Panggang selama 15-20 menit dengan suhu 180°. Balik bakpia, panggang hingga sisi lainnya kecoklatan.
  11. Angkat lalu dinginkan. Simpan di wadah kedap udara.
  12. Enjoyyyy
  13. Ga ada foto step by stepnya, emak rempong euy, sambil mandiin bocah dua 😅
  14. Untuk cokelat bubuk, saya pakai merk bensdorp, menurut saya rasanya lebih enak dan warnanya lebih pekat daripada van houten. Atau kalau punya valrhona lebih mantep lagi 😂

Ada banyak rasa dibakpia pathuk ini, misalnya rasa kacang hijau, nanas, cokelat, durian Penjual Bakpia Pathuk ini sangat diminati konsumen. Hal itu dikarenakan penjualnya tidak hanya menjual bakpia saja, tetapi menjual berbagai. Lihat juga resep Pia Kering, Rapuh & berlapis filling coklat lumer enak lainnya. Resep bakpia pathok ini cukup sederhana, tapi cita rasanya yang begitu nikmat menjadikan makanan khas ini wajib dicicipi Saat ini sudah ada beragam varian bakpia dengan isi yang berbeda-beda, seperti kacang hijau, keju, durian, coklat, dan masih. Bakpia pathok juga lebih nikmat bila dinikmati bersama dengan keluarga atau menyendiri saat menonton televisi atau membaca majalah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bakpia Pathuk versi Kering (Cokelat-Keju) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved