Resep Bakpia kering Jogja, Menggugah Selera

Shawn Mann   21/06/2020 08:17

Bakpia kering Jogja
Bakpia kering Jogja

Sedang mencari ide resep bakpia kering jogja yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bakpia kering jogja yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakpia kering jogja, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bakpia kering jogja enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Pia Kering, Rapuh & berlapis filling coklat lumer enak lainnya. Grosir Bakpia Kering Jogja, Jual Bakpia Kemusuk Jogja, Agen Bakpia Keju Jogja Bakpia Pathok Yang Terkenal Di Jogja Ternyata, bukan ha. Menikmati bakpia Jogja sedikit banyak akan mengobati kerinduan kamu pada Kota Gudeg.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bakpia kering jogja yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bakpia kering Jogja menggunakan 10 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Bakpia kering Jogja:
  1. Ambil Bahan A
  2. Siapkan 150 gram tepung terigu
  3. Sediakan 4 sdm gula pasir
  4. Gunakan 50 ml air
  5. Sediakan 50 ml minyak sayur
  6. Sediakan 1/4 sdt garam
  7. Ambil Bahan B
  8. Siapkan 100 gram tepung terigu
  9. Gunakan 50 ml minyak sayur
  10. Sediakan Isian : coklat, keju, kacang ijo, ubi ungu atau sesuai selera (kali ini sy pakai kacang ijo kupas ya)

Biasa dijadikan oleh-oleh atau buah tangan Memproduksia bakpia basah maupun kering dengan varian rasa seperti cokelat, keju, crispy, ubi. Bakpia kering kacang hijau yang renyah ini memang sudah dari lama dijadikan sebagai cemilan. Kue yang satu ini biasanya dijadikan sebagai makanan oleh-oleh khas Jogja. Cita rasa dari kue ini begitu.

Cara membuat Bakpia kering Jogja:
  1. Campur bahan A sampai Kalis, diamkan 30 menit
  2. Campur bahan B sampai Kalis, diamkan 30 menit
  3. Bagi adonan A menjadi 20 bagian, bentuk bulat. Begitu juga pada adonan B
  4. Ambil 1 bulatan adonan A, pipihkan. Lalu isi dengan adonan B, kemudian bulatkan kembali. Lakukan sampai bulatan habis. Diamkan 10 menit.
  5. Ambil satu adonan, giling tipis. Lipat seperti amplop, diamkan 10 menit. Lakukan sampai 2-3 kali.
  6. Giling tipis, lalu beri isian dan bulatkan kembali
  7. Panggang di atas teflon dengan api yg sangat kecil, bolak balik. Jika dirasa bakpia sdh matang, angkat dan sajikan

Entah sejak kapan bakpia mulai dibuat di kota Jogja, tapi yang jelas bakpia sangat lekat dengan kota yang dijuluki Jenis bakpia oleh-oleh khas jogja ada dua macam. Perbedaan bakpia basah dan bakpia yang kering yaitu dicara membuat kulitnya. Cara Membuat Bakpia Pathok Khas Jogja: Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat bahan isian. Senopati, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bakpia Mutiara dapat menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bakpia kering jogja yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved