Cara Gampang Menyiapkan Shabu-shabu Kaldu Udang, Enak

Myrtie Reed   12/10/2020 02:27

Shabu-shabu Kaldu Udang
Shabu-shabu Kaldu Udang

Anda sedang mencari ide resep shabu-shabu kaldu udang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal shabu-shabu kaldu udang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari shabu-shabu kaldu udang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan shabu-shabu kaldu udang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Steamboat kuah kaldu ayam enak lainnya. Obat kangen waktu jalan-jalan ke Bangkok. Isian bisa disesuaikan selera seperti ditambah udang, cumi, kerang, atau sawi putih.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan shabu-shabu kaldu udang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Shabu-shabu Kaldu Udang memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Shabu-shabu Kaldu Udang:
  1. Siapkan Bahan Kaldu
  2. Siapkan 100 gr kulit dan kepala udang
  3. Gunakan 2 siung bawang putih, cincang dan tumis
  4. Siapkan secukupnya Garam, lada dan kaldu bubuk
  5. Siapkan 1500 ml air
  6. Gunakan Bahan Pelengkap
  7. Siapkan Aneka bakso ikan dan udang
  8. Gunakan 50 gr soun seduh
  9. Sediakan 100 gr daun sawi hijau seduh
  10. Ambil 100 gr sawi putih seduh
  11. Sediakan 2 btg daun bawang iris halus
  12. Sediakan 2 btg seledri iris galus
  13. Gunakan 50 gr bawang goreng
  14. Gunakan Sambal cabe rebus

Lumuri udang, cumi, dan ikan dengan air jeruk lemon. Pada kuahnya, shabu-shabu lebih kental dan tidak menambahkan kecap atau bumbu lain. Kuah pada shabu-shabu ini berasal dari kaldu ayam atau kaldu sapi. Udang menjadi salah satu seafood yang selalu ada pada sajian steamboat.

Cara menyiapkan Shabu-shabu Kaldu Udang:
  1. Cuci bersih kulit dan kepala udang. Sangrai atau oven kulit dan kepala udang hingga kering
  2. Rebus kulit dan kepala udang kering dengan air hingga mendidih, lalu saring.
  3. Rebus hasil saringan kaldu, bumbui dengan tumisan bawang putih, lada, garam dan kaldu ayam. Koreksi rasa
  4. Masukkan aneka bakso udang dan ikan, biarkan hingga mendidih.
  5. Cara penyajian: tata soun dan sayuran seduh dalam mangkuk, beri aneka bakso, tuangi kuah, lalu taburi daun bawang, seledri dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal rawit rebus

Penggunaan udang dalam steamboat tentunya bukan tanpa alasan. Dibanding dengan ikan dan cumi, udang memiliki kulit yang ternyata saat direbus akan menghasilkan kaldu yang tak hanya lezat, tapi juga aroma wangi dan cita rasa yang gurih. Cincang bawang putih sampai halus, dan tumis memakai minyak wijen. Kuah kaldu hot pot terbuat dari daging dan tulang asli, sehingga memberikan rasa yang segar dan tak berlemak. Kaldu sup terbuat dari pilihan bahan protein seperti dahing ayam, sapi, kambing hingga kepala ikan yang bercita rasa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat shabu-shabu kaldu udang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved