Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kaldu Kepala Dan Kulit Udang, Lezat Sekali

Hannah Goodman   03/12/2020 05:42

Kaldu Kepala Dan Kulit Udang
Kaldu Kepala Dan Kulit Udang

Sedang mencari inspirasi resep kaldu kepala dan kulit udang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kaldu kepala dan kulit udang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kaldu kepala dan kulit udang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kaldu kepala dan kulit udang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Jadi.buat apa kepala dan kulit udang.? Banyak gunanya kok…bisa jadi kaldu yang enak.caranya.panggang sebentar kepala dan kulit udang di oven.sampai berubah warna.atau di sangrai di wajan juga bisa…supaya bau amisnya hilang.setelah itu.di rebus dengan air sampai mendidih.saring air kaldunya. Lihat juga resep Kaldu udang (kulit, kepala dan ekor) enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kaldu kepala dan kulit udang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kaldu Kepala Dan Kulit Udang memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Kaldu Kepala Dan Kulit Udang:
  1. Gunakan 1 ons udang
  2. Ambil 1 sdm minyak/margarin untuk menumis
  3. Gunakan 2 gelas air bersih
  4. Sediakan secukupnya garam
  5. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk
  6. Gunakan Bumbu :
  7. Ambil 2 siung bawang putih, geprek
  8. Ambil 1 siung bawang merah, iris tipis
  9. Siapkan 1/2 ruas jari jahe, geprek

Daging udang bisa kita olah menjadi menu masakan, untuk kulit dan kepala udangnya jangan dibuang begitu saja, kita akan manfaatkan untuk membuat Kaldu Udang Bubuk Homemade, pilihlah udang yang segar untuk membuat Kaldu Udang Bubuk, agar menjamin kualitas kaldu yang kita buat nantinya. Menurut TheKitchn, kulit udang dan kepala udang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kaldu yang lezat sebagai bahan pembuatan sup, saus maupun bumbu. Bahkan konon di Jepang, kaldu kulit udang ini telah dijadikan sebagai perasa organik yang sudah banyak menggantikan MSG karena dianggap lebih aman ketimpang perasa kimia. Bumbu kaldu dari sisa kepala udang dan kulit untuk masakan.

Langkah-langkah menyiapkan Kaldu Kepala Dan Kulit Udang:
  1. Persiapkan semua bahan. kupas lalu cuci bersih kulit dan kepala udang
  2. Tumis bumbu sebentar lalu masukkan kulit dan kepala udang dalam minyak sedikit sampai berwarna kemerahan, kering dan aromanya wangi
  3. Tuang air bersih tambahkan garam dan merica bubuk. aduk rata
  4. Rebus sampai air berkurang dengan api kecil
  5. Saring kaldu dan siap digunakan dalam segala jenis olahan masakan lezat

Ada udang yg kemaren di beli. Sedang kan kepala dan kulitnya saya bersihkan lalu sangrai. Padahal kulit udang dapat dimanfaatkan sebagai kaldu udang. Baca juga: Cara Kupas Kulit Udang agar Daging Tetap Utuh, Bersih, dan Segar "Lebih baik jangan dibuang bisa menjadi bahan dasar membuat kaldu udang, jadi tinggal direbus kemudian kaldunya dimasak menjadi tom yum," jelas Chef Yogi Lesmana dari Bigland Sentul Hotel. KOMPAS.com - Jangan buang kepala udang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kaldu kepala dan kulit udang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved