Resep Kaldu bubuk udang yang Bisa Manjain Lidah

Jessie Lyons   25/08/2020 17:22

Kaldu bubuk udang
Kaldu bubuk udang

Anda sedang mencari ide resep kaldu bubuk udang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kaldu bubuk udang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ceritanya dapat rejeki udang lumayan banyak dari tetangga depan rumah,jadi malam² ak bersihin udang dari kulit dan kepalanya,untuk badan udangnya kemaren saya bikin udang katsu kesukaan anak² dan,kulit dan kepalanya sayang klo dibuang,jadi ak manfaatin buat kaldu udang bubuk ini sudah ke sekian k. Kaldu Udang bubuk, bisa Anda beli di pasar atau supermarket terdekat. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba Resep kali ini yaitu Resep Kaldu Udang Bubuk simple dan praktis (Homemade), membuat Resep Kaldu Udang Bubuk buatan sendiri, tentunya terjamin kebersihan nya dan juga tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kaldu bubuk udang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kaldu bubuk udang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kaldu bubuk udang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kaldu bubuk udang menggunakan 5 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kaldu bubuk udang:
  1. Gunakan 250 gr kepala dan kulit udang
  2. Gunakan 100 gr bawang putih
  3. Gunakan 1 sdt garam
  4. Ambil 1/2 sdt gula pasir
  5. Ambil 1/3 sdt lada bubuk

Pawon Ibun memproduksi kaldu bubuk dengan varian yang cukup beragam, mulai dari udang hingga tempe. Kaldu bubuk ini dibuat dari campuran protein dengan aneka bawang-bawangan atau rempah alami. Jadi, bersiaplah untuk berkreasi dengan aneka masakan. Akhirnya mengolah kulit udang yang sudah nginep lama di kulkas.

Langkah-langkah membuat Kaldu bubuk udang:
  1. Pertama cuci bersih kepala dan kulit udangnya, lalu sangrai tanpa diberikan air
  2. Setelah di sangrai sampai kering, hilangkan uapnya sejenak lalu blender
  3. Setelah diblender, beri irisan bawang putih, dan sangrai lagi.
  4. Setelah itu, Sangrai lagi sampai kering. Lalu blender lagi sampai halus. Dan karna masih basah saya sangrai lagi.
  5. Setelah itu tambahka gula, garam dan lada lalu blender lagi
  6. Setelah itu, ayak untuk mendapatkan kaldu bubuk yg benar2 halus.
  7. Jadi deh…
  8. Simpan dalam wadah kedap udara.
  9. Note : kalau kiranya teksturnya masih basah, disangrai lagi ya…

Kaldu udang bubuk bisa dipakai untuk bumbu nasi goreng (yang sudah dicoba), tom yam, yang lainnya belum explore lagi. Sekarang ini juga ada kaldu bubuk dalam kemasan yang dijual untuk membantu menyedapkan masakan. Tapi kadang kaldu bubuk yang dibeli secara instan justru kurang menyehatkan dan jika terlalu banyak akan berbahaya. Ada baiknya buat bikin kaldu bubuk sendiri di rumah biar jauh lebih aman, misalnya aja resep kaldu udang bubuk. Kebetulan juga kaldu udang bubuk dirumah udah habis, jadi langsung aja diesekusi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kaldu bubuk udang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved