Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam goreng basah yang Enak Banget

Carrie Woods   05/10/2020 18:39

Ayam goreng basah
Ayam goreng basah

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng basah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng basah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam Goreng Kriwul enak lainnya! Baca resep lengkapnya di bit.ly/YummyAppYT _____. Pernah cobain ayam goreng sambel hejo gak di bandung?

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng basah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ayam goreng basah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam goreng basah yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam goreng basah memakai 15 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ayam goreng basah:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung muda/ayam pejantan, potong 4 bagian
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis
  3. Gunakan 1 batang serai, memarkan
  4. Siapkan 4 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Sediakan Secukupnya garam dan gula pasir
  7. Siapkan 2 grlas air
  8. Ambil Bumbu halus:
  9. Gunakan 7 butir bawang merah
  10. Sediakan 3 siung bawang putih
  11. Siapkan 5 butir kemiri
  12. Siapkan 2 cm kunyit
  13. Sediakan 2 cm jahe
  14. Siapkan 3 cm lengkuas muda
  15. Gunakan 1 sdt merica butiran

Masukkan juga cuka hingga menutupi lada. Rasa ok ke tak.adjust ikut selera anda. Ayam goreng yang kedua ini banyak sekali penggemarnya, cukup populer karena rasanya memang terbukti enak. Jika kalian pernah beli Ayam goreng KFC atau Ayam Goreng Kentucky pasti sering bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuatnya dan apa bumbunya kok rasanya enak banget dan dagingnya bisa empuk, sedangkan tepung dibagian luar bisa garing tapi tidak gosong.

Langkah-langkah membuat Ayam goreng basah:
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan 10 menit, bilas lalu tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai, daun jeruk & daun salam, aduk rata, masukkan ayam, aduk-aduk sampai berubah warna, bumbui garam & gula, tuangi 2 gelas air, ungkep sampai ayam empuk dan bumbu meresap, matikan api, tiriskan ayamnya.
  3. Panaskan minyak goreng, celupkan ayam sebentar saja dalam minya panas, segera angkat (gak perlu sampai kekuningan), tiriskan.
  4. Sajikan ayam goreng basah dengan pelengkap sambal dadak dan lalapan segar.

Satu lagi tips masak mee goreng basah sedap ini, jangan berlebihan masukkan sesuatu sos dan tak perlu dah ditambah garam, gula serta serbuk perasa sebab hasil daripada campuran sos cili, tomato, sos tiram serta kicap mee sudah cukup sempurna. Hahaha tapi saya tambah juga sedikit garam kerana masin kicap dengan masin garam berbeza. Ayam goreng aroma jeruk sudah selesai dibuat. Sekarang anda bisa menyajikannya di meja makan untuk menu makan yang semakin berselera. Tips Memasak Agar Bumbu Ayam Goreng Meresap.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam goreng basah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved