Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Goreng Mentega yang Menggugah Selera

Henrietta Barker   10/09/2020 17:21

Ayam Goreng Mentega
Ayam Goreng Mentega

Anda sedang mencari ide resep ayam goreng mentega yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng mentega yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ayam goreng mentega (fried chicken in buttery sweet soy sauce), served on a serving plate. Lihat juga resep Ayam goreng mentega enak lainnya. To most Indonesian around my age, ahem, the top spot is probably reserved for ayam goreng mentega - fried chicken in buttery sweet soy sauce.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng mentega, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng mentega yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam goreng mentega sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Mentega memakai 16 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Goreng Mentega:
  1. Gunakan 1 kg ayam (10 potong)
  2. Ambil 1 buah jeruk nipis untuk melumuri ayam
  3. Sediakan 5 siung bawang putih, geprek lalu cincang
  4. Sediakan 1 buah bawang bombay, belah 2, iris 0.5 cm
  5. Sediakan 5 sdm kecap manis
  6. Ambil 1 1/2 sdm kecap asin
  7. Sediakan 1 1/2 sdm minyak wijen
  8. Ambil 2 sdm saos tiram
  9. Ambil 4 sdm saos tomat
  10. Gunakan 3 sdm saos sambal
  11. Gunakan 1/2 sdt garam
  12. Sediakan 1 sdm gula pasir
  13. Gunakan 1 gelas air / 200 ml
  14. Ambil 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dg 3 sdm air
  15. Gunakan 4 sdm margarin/mentega utk menumis bawang
  16. Sediakan Secukupnya minyak utk menggoreng ayam

Baca juga: Resep Sapo Tahu ala Restoran, Chinese Food Populer Resep Ayam Goreng Mentega - Segala bentuk sajian ay a m memang banyak disukai banyak orang. Karena bahannya sangat mudah didapat di mana pun. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, ayam gulai, hingga ayam mentega. Ayam mentega mempunyai kombinasi rasa asin yang begitu gurih dan menggugah selera.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Mentega:
  1. Cuci bersih ayam, lumuri dg air jeruk nipis/lemon. Diamkan +/-15 mnt. Lalu bilas lagi sampai bersih.
  2. Panaskan minyak untuk menggoreng ayam, masukan ayam setelah minyak panas. Goreng setengah matang. Sisihkan
  3. Masukan / campurkan semua bumbu basah /saos ke dalam wadah, kecuali….bawang putih, bawang bombay, air, dan tepung maizena. Aduk rata. Sisihkan
  4. Siapkan wajan utk memasak, tumis bawang putih dengan margarin / mentega sampai harum dan agak mengering, lalu masukan bumbu basah / saos yang sudah dicampur, lalu aduk. Kecilkan api. Kemudian masukan ayam, aduk aduk sampai terlumuri dengan bumbu. Masukan segelas air dan irisan bawang bombay, aduk aduk kembali. Cicipi dan koreksi rasa nya. Biarkan sampai air agak menyusut dan bumbu meresap. Masukan tepung maizena yg sudah dilarutkan. Aduk sampai rata. Setelah mengental. Matikan api kompor.
  5. Ayam goreng mentega siap untuk disajikan 🤩
  6. Selamat mencoba 🤗🙏

Selain bahannya yang mudah ditemukan, langkah membuat ayam goreng mentega juga praktis. Marinasi ayam: lumuri ayam dengan bumbu halus, remas-remas agar bumbu meresap sempurna. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan kecokelatan. Saus mentega: panaskan minyak dan mentega, tumis bawang bombay hingga harum Masukkan ayam goreng, saus Inggris, Bango Kecap Manis, dan garam. Ayam goreng kecap mentega biasanya bisa ditemukan di restoran-restoran khas Chinese food, penampilannya yang sederhana inilah yang membuat masakan ini selalu terlihat seperti makanan rumahan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Goreng Mentega yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved