Resep Ayam Goreng Telur, Sempurna

Teresa Lambert   28/10/2020 15:16

Ayam Goreng Telur
Ayam Goreng Telur

Lagi mencari inspirasi resep ayam goreng telur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng telur yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ayam goreng telur merupakan hidangan ayam yang diungkep bumbu kuning lalu digoreng dengan baluran telur ayam. Rasanya gurih, dan baluran telur bisa menambah sedikit tekstur saat kita memakan. Biasanya, pada saat tasyakuran, ayam goreng telur ini disajikan dengan nasi kuning dan juga sambal.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng telur, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam goreng telur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam goreng telur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Telur menggunakan 12 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Goreng Telur:
  1. Siapkan 4 potong ayam (me: paha bawah)
  2. Ambil 1 butir telur
  3. Siapkan secukupnya Garam
  4. Sediakan 200 ml air (sampai ayam hampir terendam)
  5. Siapkan Bumbu halus :
  6. Ambil 1 ruas jahe
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas
  8. Sediakan 8 butir bawang merah
  9. Siapkan 4 butir bawang putih
  10. Ambil 1 sdt ketumbar (me: ketumbar bubuk)
  11. Siapkan Kunyit secukupnya (me: Kunyit bubuk)
  12. Ambil secukupnya Lada

Berikut resep dan cara membuat ayam goreng telur yang enak, gampang buatnya dan dijamin bikin ketagihan! Selain digoreng dan dibakar, ayam juga bisa dibuat menjadi ayam goreng telur asin. Menu ini sangat digemari semua orang dan banyak tersaji di restoran mewah. Namun tentu saja, jika makan di restoran akan merogeh kocek yang cukup dalam.

Cara membuat Ayam Goreng Telur:
  1. Cuci ayam yg sudah dipotong, hingga bersih
  2. Blender/haluskan semua bumbu halus
  3. Siapkan kuali, masukan bumbu halus, garam dan tambahkan air setengah dari takaran, aduk, lalu masukan ayam dan sisa air (takaran air bisa dikoreksi ya dari resep, ayam hingga setengah terendam)
  4. Ungkep ayam hingga meresap, jangan sampai kering (sisakan air ungkepan ayam sedikit saja, kuncinya)
  5. Masih didalam kuali, kecilkan api, pinggirkan ayam, lalu masukan telur ke dalam air sisa ungkepan, lalu aduk cepat.
  6. Balurkan telur yg sudah diaduk ke ayam lalu aduk beserta ayamnya, sambil terus dimasak hingga mengering.
  7. Ayam bisa langsung digoreng atau bisa dijadikan stock dengan menyimpan di kulkas atas (freezer) atau di chiller.
  8. Selamat menikmati~

Akhir pekan jadi waktu yang tepat untuk berkumpul, dan menikmati hidangan bersama keluarga. Misalnya masak ayam goreng telur asin, bahan-bahan dan cara mengolahnya juga mudah. Saus telur asin lagi hits banget dicampur dengan berbagai macam makanan. Nah, Ayam Crispy Telur Asin adalah salah satu kreasi ayam goreng kekinian dengan saus telur asin yang maknyus banget rasanya! Goreng di minyak panas hingga matang, hidangkan⁣.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng telur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved