Bagaimana Menyiapkan Ayam Goreng Pandan yang Enak

Hattie Dunn   31/07/2020 01:30

Ayam Goreng Pandan
Ayam Goreng Pandan

Sedang mencari inspirasi resep ayam goreng pandan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng pandan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng pandan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam goreng pandan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Ayam Goreng Pandan (Pandan Chicken) You may also like. Previous Recipe: Salt and Pepper Prawns. Dulu makan ayam goreng pandan di rumah makan cina, enak banget terus pengen nyoba dan nemu resep dari chef Devina Hermawan rasanya garing diluar lembut didalam, dari ayam, tulang, daun pandan dan bawang rasanya enak semua.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam goreng pandan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Goreng Pandan memakai 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Goreng Pandan:
  1. Sediakan 1/2 kg ayam bagian sayap/paha sayap/dada fillet
  2. Siapkan daun pandan sejumlah ayamnya
  3. Siapkan 1 sdm kecap asin
  4. Gunakan 1 sdm saos tiram
  5. Sediakan merica
  6. Siapkan bubuk pala dan bubuk ketumbar
  7. Gunakan 3 sdm kecap manis
  8. Sediakan 1 sdm saos tomat
  9. Sediakan 4 siung bawang merah dirajang halus
  10. Ambil 2 siung bawang putih dirajang halus

Juga sesuai untuk dijadikan lauk hidangan makan tengahari. Buat penggemar ayam, resepi ini mudah sahaja. Murah sangat nak buat resepi Ayam Pandan ini dengan hanya menggunakan bahan-bahan asas dapur! Angkat, toskan dan letak atas paper towel dan biar minyaknya terserap.

Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Pandan:
  1. Cuci ayam dan campurkan semua bahan jadi satu di wadah tertutup. Saya biasanya pakai wadah bekas eskrim untuk menyimpan bahan-bahan basah.
  2. Diamkan selama 1 jam jika ingin langsung dimasak atau bisa disimpan di kulkas semalaman (untuk dimasak pagi)
  3. Jika sudah siap masak, ambil potongan ayam dan lilitkan daun pandan, taruh didalam kukusan. Kukus selama kurang lebih 10-15 menit. Bau pandannya terasa pas dikukus ini.
  4. Kemudian lepaslah lilitan pandan dan goreng ayam sebentar dengan minyak secukupnya sampai kekuningan. Ayam bisa dimakan untuk finger food anak-anak atau sebagai lauk.

Buang bagian ujung sayap ayam, lalu potong dua menurut ruasnya. Ambil selembar daun pandan, silangkan kearah belakang (jangan terlalu rapat) hingga membentuk rongga. Masukkan bagian daun sebelah kanan ke dalam rongga, balikkan. Kalau tak silap cm, ayam bungkus daun pandan macam ni terkenal di Thailand. Kemudian bungkus dengan daun pandan dan digoreng, goreng guna api kecil agar ayam masak lunak dan tidak garing dan keras.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng pandan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved