Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Goreng Kalasan khas Sleman-DIY Anti Gagal

Sadie Hubbard   27/07/2020 14:37

Ayam Goreng Kalasan khas Sleman-DIY
Ayam Goreng Kalasan khas Sleman-DIY

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam goreng kalasan khas sleman-diy yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng kalasan khas sleman-diy yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ayam Goreng Kalasan Asli Sleman - Ayam goreng kalasan merupakan jenis makanan khas nusantara berbahan dasar olahan ayam yang awalnya berasal dari daerah kalasan, sleman - DIY. Bagi Anda yang merupakan penggemar menu ayam goreng kalasan, kali ini kita akan mencoba mempraktekan resep masakan ayam goreng Kalasan yang terkenal itu. Berikut bahan - bahan yang harus disiapkan untuk resep.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng kalasan khas sleman-diy, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng kalasan khas sleman-diy enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng kalasan khas sleman-diy sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Goreng Kalasan khas Sleman-DIY memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Goreng Kalasan khas Sleman-DIY:
  1. Siapkan 1 kg ayam (paha dan dada)
  2. Siapkan 500 liter air kelapa
  3. Sediakan 3 daun salam
  4. Ambil 1 sdm kecap manis
  5. Ambil 300 gr gula merah
  6. Siapkan Jeruk nipis (sy pakai lemon)
  7. Ambil secukupnya Garam
  8. Gunakan Bumbu halus :
  9. Gunakan 6 siung bawang merah
  10. Siapkan 6 siung bawang putih
  11. Ambil 1/2 sdt merica bubuk
  12. Gunakan 2 cm laos

Ciri khas dari ayam goreng kalasan adalah cara penyajiannya dengan kremesan yang sangat krispi dan gurih. Kremesan dibuat dari adonan tepung kanji sehingga rasanya gurih dan semakin menggugah selera makan Anda. Agar lebih nikmat lagi, sajikan dengan lalapan seperti kubis dan timun. Resep Ayam Goreng Kalasan - Ayam goreng Kalasan adalah sebuah resep ayam goreng yang diolah menggunakan bumbu khusus yang berasal dari daerah Kalasan, Yogyakarta.

Cara membuat Ayam Goreng Kalasan khas Sleman-DIY:
  1. Bersihkan ayam, kucuri lemon. Lalu siapkan bahan dan bumbu halus.
  2. Cuci kembali ayam. Lalu marinasi dg bumbu halus selama 30 menit.
  3. Didihkan air kelapa, masukkan ayam dan bumbu halus serta bumbu yang lainnya sampai habis..
  4. Ungkep menggunakan api kecil sampai bumbu meresap dan air menyusut tinggal sedikit.
  5. Goreng menggunakan minyak panas sampai kering dan api besar. Ayam akan cepat gosong krn terdapat banyak gula dalam bumbunya. Sering dibolak balik. Angkat. Dan saukan bersama lalapan dan sambal favorit🥰🥰🥰

Resep yang satu ini sangat bisa dijadikan ide untuk memasak ayam secara lezat dan berbeda. Apalagi, daging ayam memang cocok diolah menjadi beragam menu yang gurih, pedas, crispy, dan lain sebagainya. Di deket rumah ada warung lalapan yang pertama berdiri di daerah kami. Disana ramai sekali pengunjung dan menu terbanyak adalah ayam goreng kalasan. Suami saya penggemar lalapan dan salah satunya ayam goreng kalasan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam goreng kalasan khas sleman-diy yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved