Bagaimana Membuat Cilok ayam bawang, Enak

Madge Perez   29/07/2020 01:38

Cilok ayam bawang
Cilok ayam bawang

Lagi mencari inspirasi resep cilok ayam bawang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam bawang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Cilok isi ayam pedas enak lainnya. Lihat juga resep Cilok ayam kuah daun bawang enak lainnya! Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok ayam bawang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cilok ayam bawang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cilok ayam bawang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok ayam bawang menggunakan 15 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Cilok ayam bawang:
  1. Ambil 250 tepung kanji
  2. Ambil 10 sdm tepung terigu
  3. Gunakan 1/4 kg ayam dadanya ajah
  4. Ambil 150 ml air
  5. Gunakan 3 siung bawang putih
  6. Siapkan 5 siung bawang merah
  7. Ambil bawang daun saledri secukupnya iris kecil2
  8. Sediakan 1/2 bngks ladaky
  9. Sediakan secukupnya garam dan penyedap
  10. Ambil secukupnya bawang goreng
  11. Ambil bumbu kacang:
  12. Sediakan 100 gr kacang tanah
  13. Ambil 4 siung bawang putih
  14. Siapkan 1 buah cabe besar
  15. Siapkan secukupnya gula merah,garam

Namun untuk resep ini dimodifikasi dengan tambahan brokoli dan daging ayam, sehingga anak-anak tetap mendapatkan nutrisi dari jajanan ini. Yuk Bu,coba resep di bawah ini. Cilok is an Indonesian snack made with a blend of all purpose flour and tapioca flour, ground toasted dried shrimp, thinly sliced scallions, grated garlic, and season with salt, sugar, and ground white pepper. Water is then added to this mixture and kneaded until the point where it can be gathered into a ball.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok ayam bawang:
  1. Blender bumbu,ayam dengan air 150ml
  2. Campur semua bahan uleni sampai bisa di bentuk,
  3. Bentuk bulat biar gak lengket menggunakan plastik lalu cemplungkan kedalam air panas boleh sampai mendidih,lalu angkat jika sudah tidak lembek
  4. Kukus selama 30 menit,bersama bawang goreng, dimakan hangat 2 lebih mantap bersama bumbu kacang
  5. Bumbu kacang: goreng kacang,setelah itu goreng bawang putih,cabe,lalu blender menjadi satu, lalu dimasak kembali dengan air secukupnya,sampai mendidih,tambahkan gula merah dan garam.

Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Misal Bawang Putih, Bawang Merah, Cabe Merah, Cabe Rawit dan Gula Merah. Siapkan wadah agak besar, lanjut masukan semua Bahan A.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok ayam bawang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved