Bagaimana Menyiapkan Cilok Ayam Kuah Kacang yang Lezat Sekali

Estella Morales   27/08/2020 22:01

Cilok Ayam Kuah Kacang
Cilok Ayam Kuah Kacang

Sedang mencari ide resep cilok ayam kuah kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam kuah kacang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok ayam kuah kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cilok ayam kuah kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi yang enak. Di artikel kali ini, mari kita cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau bisa saja dipanggil cilok Bandung. Kalau pengin cilok dengan isian, kamu bisa menggunakan daging ayam giling, potongan keju, atau telur puyuh.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cilok ayam kuah kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok Ayam Kuah Kacang menggunakan 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cilok Ayam Kuah Kacang:
  1. Gunakan 1/4 dada ayam fillet
  2. Gunakan 3 sdm tepung kanji/aci
  3. Siapkan 3 sdm tepung terigu
  4. Ambil secukupnya Daun bawang
  5. Sediakan Garam,penyedap rasa
  6. Ambil 1 1/2 sdm merica bubuk
  7. Ambil Bumbu halus:
  8. Siapkan 8 bawang putih goreng
  9. Sediakan 5 bawang merah goreng
  10. Gunakan Bumbu sambal kacang(haluskan semuanya):
  11. Sediakan 1 ons kacang tanah goreng
  12. Ambil 2 bawang putih
  13. Sediakan 10 cabe rawit merah
  14. Ambil secukupnya Gula,garam

Selain tidak membutuhkan waktu yang lama, bahan-bahan dan bumbunya juga mudah ditemukan. Selamat menikmati dan mencoba resepnya di rumah. Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Resep Cilok Ayam digril atau dikecutkan di atas dapur sehingga air ayam kering bagi menjadikan kuah kacang tahan lama dan lambat basi.

Cara membuat Cilok Ayam Kuah Kacang:
  1. Cuci ayam sampai bersih. Masukkan dalam blender ato penghilingan daging ato dicincang. Campur bumbu halusnya
  2. Siapkan baskom..tuang adonan,masukkan garam secukupnya,merica bubuk,penyedap rasa dan daun bawang yg sudah diiris
  3. Aduk adonan sampai rata,cicipi sedikit jika bumbu kurang bisa ditambahkan. Bulat2 kan ciloknya
  4. Siapkan panci dengan air mendidih..masukkan ciloknya jika sudah mendidih,tunggu sampai mengapung berarti sudah matang
  5. Angkat dan tiriskan. Siapkan piring saji. Tata dalam piring tuang saos kacang dan saos sambal dan kecap dan bisa diberi tambahan sayur rebus.

Tumis bahan kisar sehingga wangi dan garing dengan minyak mazola, setelah garing, masukkan cili giling, goreng lagi hingga cili benar benar masak. Cilok adalah aci dicolok karena memang enak menyantapnya dengan cara dicolok serta dicocol ke dalam bumbu kacang. Lihat juga resep Cilok Kuah Isi Jando enak lainnya. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi yang enak. Di artikel kali ini, mari kita cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau bisa saja dipanggil cilok Bandung.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok Ayam Kuah Kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved