Resep Cilok Ayam yang Lezat Sekali

Alfred Austin   04/08/2020 21:32

Cilok Ayam
Cilok Ayam

Anda sedang mencari ide resep cilok ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Cilok isi ayam pedas enak lainnya. Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia. In Sundanese, cilok is an abbreviation of aci dicolok or "poked tapioca", since the tapioca balls are poked with lidi skewers made from the midrib of the coconut palm frond.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cilok ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok Ayam memakai 12 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cilok Ayam:
  1. Siapkan 1/4 ayam
  2. Gunakan 1/4 tepung kanji
  3. Gunakan 1 butir telur
  4. Gunakan 200 ml liter air es (air dingin)
  5. Gunakan 5 siung bawang merah
  6. Siapkan 4 siung bawang putih
  7. Ambil 1 sdm garam (sesuai selera)
  8. Gunakan 1 bungkus merica bubuk
  9. Ambil 1 sdm bumbu penyedap (sesuai selera)
  10. Ambil Bon cabe
  11. Gunakan Saus sambal
  12. Siapkan Kecap

Selamat pagi/siang/sore/malam buat yang baru gabung, Camilan yang enak pas hujan hujan adalah camilan yang. Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Ayam:
  1. Siapkan bahan bahan yang dibutuhkan
  2. Potong bawang merah dan bawang putih, lalu tumis dengan sedikit minyak hingga harum
  3. Blender ayam, telur, air, bawang merah bawang putih yang sudah ditumis,serta garam, lada, dan penyedap. *untuk tips, ayamnya dipotong kecil2 dulu ya biar mudah nge blender nya.. Jangan lupa buang tulangnya 😁
  4. Setelah semua bahan diblender, tambahkan tepung kanji ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur
  5. Siapkan air rebusan (kalau bisa yang ada tulang2 ayamnya). Kebetulan saya lagi masak ceker, jadi saya pake air rebusan ceker dan diberi garam secukupnya.
  6. Kemudian bentuk adonan cilok bulat2 kedalam rebusan air yang sudah mendidih. Untuk mempermudah saya membentuk bulat2, saya masukan adonan ke dalam plastik yang ujungnya dilubangi agar bisa cepat untuk memasukan cilok ke dalam air rebusan
  7. Angkat cilok yang sudah mengambang
  8. Cilok siap disajikan
  9. Bisa juga ditambahkan saus dan bon cabai
  10. Bisa ditambah kuah dari rebusan air tadi
  11. Dan juga ditambah kecap dan diaduk

Video: Cilok Ayam Keju Ala Chef Table, Jajanan Simpel Masuk Restoran! Sangat menyukai bidang makanan seperti memasak dan kuliner. Pernah mengikuti beragam pelatihan memasak dan bercita-cita menjadi seorang chef. Lihat juga resep Cilok kentang, Cilok Ebi enak lainnya. Resep Cilok Empuk Selamat menikmati aplikasi resep cilok yang enak ini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Cilok Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved