Resep Martabak Usus Khas Gresik, Lezat

Adam Hill   05/12/2020 13:31

Martabak Usus Khas Gresik
Martabak Usus Khas Gresik

Lagi mencari inspirasi resep martabak usus khas gresik yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal martabak usus khas gresik yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari martabak usus khas gresik, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan martabak usus khas gresik yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Bu nasri jualan martabak usus khas gresik ada juga Gorengan lainya seperti tahu isi, mendoan, ote ote, godo bolet, dadar jagung,dan juga gado gado. Saya lahir dan dibesarkan di sebuah kota kecil di Jawa Timur. Pasti banyak yang langsung berfikir tentang Eh. tapi Gresik juga punya makanan khas loh. bukan hanya semen aja hahahhaa sebenarnya banyak makanan di kota ini yang bikin kangen.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan martabak usus khas gresik sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Usus Khas Gresik memakai 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Martabak Usus Khas Gresik:
  1. Ambil Bahan kulit martabak :
  2. Siapkan tepung terigu
  3. Sediakan air matang
  4. Siapkan garam dan kaldu bubuk jamur
  5. Gunakan Bahan usus kecap :
  6. Sediakan usus ayam, cuci bersih lalu rebus dg 1 ruas jahe yg di memarkan dan sedikit garam )
  7. Ambil kecap manis
  8. Ambil Bumbu halus utk usus kecap :
  9. Sediakan bawang merah
  10. Ambil bawang putih
  11. Gunakan cabe merah
  12. Ambil merica bubuk
  13. Sediakan garam dan gula pasir
  14. Gunakan Bahan utk mihun :
  15. Siapkan bihun jagung padamu, rebus dlm air mendidih hingga matang lalu tiriskan
  16. Gunakan wortel, potong korek api
  17. Gunakan sawi putih, potong-potong
  18. Ambil Bumbu halus utk bihun :
  19. Gunakan bawang merah
  20. Sediakan bawang putih
  21. Sediakan merica bubuk
  22. Ambil garam, gula pasir dan kaldu bubuk jamur

Bila Anda penasaran dengan martabak usus maka, segera mencobanya ketika Anda berada di kota Gresik. Mungkin diantara kalian ada yang baru pertama kali mendengar makanan. Makanan Khas Gresik - Gersik merupakan salah satu nama Kabupaten Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, keberadaaanya namanya mempunyai cerita atau sejarah yang panjang dimana salah satu syaikh terkenal pernah meyebarkan Islam di sini. Makanan khas Gresik Jawa Timur ini merupakan makanan yang jarang ditemui di daerah lain.

Langkah-langkah menyiapkan Martabak Usus Khas Gresik:
  1. Cara buat usus bumbu kecap : 1) Cuci bersih usus lalu rebus bersama dg jahe dan sedikit garam hingga matang, angkat dan tiriskan. Uleg semua bumbu halus utk usus. 2) Tumis bumbu halus hingga harum. 3 ) Kemudian masukkan usus dan tambahkan sedikit air dan beri kecap manis, aduk rata dan koreksi rasanya. 4) Masak hingga air menyusut.
  2. Cara buat bihun : 1) Rebus bihun dalam air mendidih hingga matang. Potong wortel dan sawi putih. Uleg semua bumbu halus utk bihun. 2) Tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum. 3) Kemudian masukkan wortel dan tambahkan air secukupnya masak hingga wortel 1/2 empuk. 4) Setelah itu masukkan sawi putih masak hingga sayuran matang. 5) Lalu tambahkan bihun, aduk rata dan koreksi rasanya. Masak hingga matang.
  3. Cara buat kulit martabak : 1) Campur air dg garam dan kaldu bubuk jamur, aduk hingga rata. 2) Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit ke tepung, aduk rata. 3) Uleni adonan hingga kalis dan tdk lengket ditangan. (Banting-banting adonan agar kalis). 4) Tambahkan sedikit minyak goreng uleni lagi hingga kalis. Lalu rendam dlm minyak goreng sekitar 30 menit. Tutupi adonan dg lap agar adonannya tdk kering.
  4. Cara buat martabak : 1) Kocok telur dg garam hingga rata. 2) Lalu masukkan mihun goreng ke dlm kocokan telur aduk rata. 3) Ambil adonan kulit secukupnya, olesi cetakan (aku pakai ranting alminium) dg minyak. 4) Lalu tutup adonan dg plastik tekan rata hingga adonan melebar menutupi seluruh permukaan cetakan. 5) Kemudian isi dg mihun dan usus). 6) Lipat bentuk segitiga. 7) Lalu goreng dg minyak sedang sampai kuning kecoklatan.
  5. Setelah martabak matang angkat dan tiriskan. Dan martabak usus khas gresik siap disajikan dengan sambal petis.

Gresik terkenal julukan kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren. Selain itu, Gresik juga menjadi destinasi wisata baik wisata alam maupun kuliner. Makanan khas Gresik yang pertama adalah Bandeng Sapit. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan olahan ikan bandeng menggunakan sapit. Kamu patut untuk mencoba martabak yang diolah bersama usus ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Martabak Usus Khas Gresik yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved