Resep Cilok Daging Ayam Bumbu Kacang, Enak Banget

Milton Smith   21/11/2020 00:11

Cilok Daging Ayam Bumbu Kacang
Cilok Daging Ayam Bumbu Kacang

Lagi mencari ide resep cilok daging ayam bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok daging ayam bumbu kacang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok daging ayam bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cilok daging ayam bumbu kacang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Kalau pengin cilok dengan isian, kamu bisa menggunakan daging ayam giling, potongan keju, atau telur puyuh. Itulah resep membuat cilok dengan bumbu kacangnya yang enak banget. Kalau sudah begini, kamu gak perlu jauh-jauh lagi ke Bandung buat mendapatkannya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok daging ayam bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cilok Daging Ayam Bumbu Kacang memakai 12 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok Daging Ayam Bumbu Kacang:
  1. Sediakan 1/4 Daging Ayam
  2. Ambil 1/2 Aci Soba
  3. Gunakan 1/4 Tepung Terigu
  4. Ambil 1 ons Kacang Tanah
  5. Ambil 6 Siung Bawang Merah
  6. Sediakan 3 Siung Bawang Putih
  7. Gunakan 3 Siung Kencur
  8. Gunakan 10 biji Rawit (Sesuai Selera)
  9. Gunakan Secukupnya Garam
  10. Sediakan Secukupnya Penyedap Rasa
  11. Ambil Secukupnya Air Hangat
  12. Ambil Secukupnya Lada

Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Pada umumnya cilok memiliki isian berupa abon sapi atau abon ayam, namun kini isian cilok dapat dikreasikan menggunakan cincangan daging ayam, daging sapi, udang, ikan dan lain sebagainya. Proses Membuat Cilok Daging Bumbu Kacang. Campurkan tepung, tepung, daging sapi yang telah ditumbuk hingga halus, tambahkan bawang putih, daun bawang, merica, dan garam.

Cara membuat Cilok Daging Ayam Bumbu Kacang:
  1. Haluskan daging ayam, bawang merah, bawang putih, dan kencur sampai halus (Bisa Pakai Blender)
  2. Masukan ayam yang sudah dihaluskan kedalam wadah, campurkan dengan aci soba dan tepung terigu. Aduk sampai merata dengan air hangat secukupnya sampai mengental
  3. Kasih Lada, penyedap rasa dan aduk kembali sampai merata
  4. Masukan air kedalam panci setengahnya, masak sampai mendidih
  5. Adonan yang sudah jadi, bentuk bulat2 dengan tangan kemudian masukan kedalam air yang sudah mendidih
  6. Tunggu sampai adonan cilok matang dengan ciri2 mengambang
  7. Angkat adonan cilok tiriskan
  8. Haluskan Kacang tangah dan cabai kedalam ulekan sampai merata
  9. Siapkan wajan, kasih minyak goreng sedikit kemudian masukan kacang tanah yg sudah di haluskan
  10. Setelah kacang yang sudah dihaluskan matang masukan adonan cilok dan kasih air sedikit, aduk sampai merata selama 5 Menit. Matikan kompor dan sajikan dalam wadah..
  11. Selamat Mencoba🙏

Jangan lupa dibolak-balik. - Tata sate di piring saji, tambahkan bumbu kacang, kecap manis, acar, bawang goreng dan kucuran jeruk limo. Banyak tepung sedikit daging, bahkan ada yang sama sekali tidak ada daging. Oleh karena itu tekstur cilok jauh lebih kenyal daripada bakso. Cara penyajiannya biasanya dengan menggunakan bumbu kacang. Ada pula variasi lainnya, ada cilok bakar, cilok goreng, atau cilok yang berisi telur, atau masih banyak lagi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok daging ayam bumbu kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved