Bagaimana Menyiapkan Cilok ayam Anti Gagal

Calvin Pope   06/10/2020 03:18

Cilok ayam
Cilok ayam

Lagi mencari ide resep cilok ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cilok ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

In Sundanese, cilok is an abbreviation of aci dicolok or "poked tapioca", since the tapioca balls are poked with lidi skewers made from the midrib of the coconut palm frond. The size of cilok balls may vary, but it is usually about the same size as another Indonesian favourite bakso meatballs. Cilok Bandung isi ayam Tahun ini gak bisa mudik semua ya, biasanya kalo di rumah nenek tiap sore ada cilok Bandung lewat depan rumah, tapi karena disini cari cilbannya susah akhirnya bikin sendiri deh hehe.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cilok ayam memakai 9 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok ayam:
  1. Ambil 100 gr daging ayam
  2. Ambil 100 gr tepung tapioka
  3. Ambil 100 gr tepung terigu
  4. Sediakan 3 siung bawang putih (goreng)
  5. Gunakan secukupnya Kaldu bubuk
  6. Gunakan secukupnya Lada
  7. Gunakan secukupnya Garam
  8. Ambil 1 batang Daun bawang
  9. Siapkan 200 ml Air panas

Selamat pagi/siang/sore/malam buat yang baru gabung, Camilan yang enak pas hujan hujan adalah camilan yang. Cilok is an Indonesian snack made with a blend of all purpose flour and tapioca flour, ground toasted dried shrimp, thinly sliced scallions, grated garlic, and season with salt, sugar, and ground white pepper. Water is then added to this mixture and kneaded until the point where it can be gathered into a ball. Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus.

Cara menyiapkan Cilok ayam:
  1. Siapkan Bahan.Blender ayam dengan sedikit air, blender sampai halus, kemudian haluskan bawang putih yang sudah di goreng
  2. Masukkan ayam yang sudah di haluskan ke dalam wadah campur dengan bumbu, aduk sampai tercampur, masukkan tepung terigu lalu tuang air panas sedikit demi, aduk
  3. Masukkan tepung tapioka, masukkan daun bawang uleni sampai rata.Bulatkan dan isi tengahnya dengan potongan telur rebus
  4. Didihkan air, kemudian masukkan cilok yang sudah di bulatkan ke dalam air yang mendidih, tunggu sampai mengapung
  5. Angkat dan sajikan dengan saos kacang, kecap manis dan saos sambal

Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Cilok yang kenyal ditambah tekstur ayam nan khas membuat kombinasi keduanya kian mantap. Lihat juga resep Cilok kentang, Cilok Ebi enak lainnya. Video: Cilok Ayam Keju Ala Chef Table, Jajanan Simpel Masuk Restoran! Sangat menyukai bidang makanan seperti memasak dan kuliner.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved