Cara Gampang Menyiapkan Bola-bola cilok ayam Anti Gagal

Albert McCoy   15/07/2020 23:33

Bola-bola cilok ayam
Bola-bola cilok ayam

Sedang mencari inspirasi resep bola-bola cilok ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bola-bola cilok ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bola-bola cilok ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bola-bola cilok ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Cilok isi ayam pedas enak lainnya. Resep Semur Bola-Bola Ayam. #AhlinyaAyam Masak yang istimewa yuk. enak lho makanan ini. Memang prosesnya agak lama tapi yakinlah hasil akhirnya mau lagi dan lagi.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bola-bola cilok ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bola-bola cilok ayam menggunakan 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bola-bola cilok ayam:
  1. Gunakan 500 gram daging ayam (giling halus)
  2. Gunakan 750 gram tepung terigu
  3. Gunakan 500 gram tepung kanji
  4. Siapkan 2 ikat daun bawang
  5. Gunakan 20 tahu merah kering
  6. Ambil 8 siung bawang putih
  7. Ambil 5 buah kemiri
  8. Siapkan 3 sdm ebi kering
  9. Ambil 3 sdm garam
  10. Ambil 2 sdm kaldu ayam
  11. Siapkan 2 sdm lada bubuk
  12. Siapkan 250 ml air hangat
  13. Gunakan Bumbu saos pedas :
  14. Siapkan 250 gram saos sachet (selera ya)
  15. Sediakan 1 siung bawang putih
  16. Sediakan 10 buah cabe rawit (kalo gak suka pedes boleh dikurangi)
  17. Siapkan 5 sdm air panas
  18. Gunakan 2 sdm kecap
  19. Sediakan 1 sdm garam

Semur Ayam (Chicken Stew in Sweet Soy Sauce) Merdeka.com - Cilok menjadi jajanan pinggir jalan dengan aromanya yang selalu pandai menggiurkan, apalagi dinikmati saat hujan dan dingin. Selain bakso dan seblak, cilok pun juga cocok ditemani kuah ayam yang gurih asinnya bikin ketagihan. Memiliki nama 'cilok' karena berasal dari kata aci dalam Bahasa Sunda yang berarti tepung kanji atau tapioka dan dicolok atau ditusuk. Resep Cara Membuat Cilok - Resep dari cara membuat cilok sama sekali tidak sulit.

Cara menyiapkan Bola-bola cilok ayam:
  1. Pertama haluskan semua bumbu kecuali daun bawang cukup diiris lembut
  2. Setelah itu tuang tepung terigu ke wadah campur dengan bumbu halus, daging ayam, daun bawang dan larutkan dengan air hangat sedikit demi sedikit, setelah semua tepung terigu masuk tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit juga ya, supaya tercampur rata
  3. Setelah tercampur koreksi adonan dan rasa, jika sudah bentuk bulat-bulat dan masukkan ke dalam tahu sampai adonan habis ya
  4. Sambil siapkan panci dengan takaran air kira-kira setengah dari panci, panaskan jika sudah panas masukkan semua bola-bola cilok dan tahu, tunggu sampai mengambang ya
  5. Jika sudah mengambang lalu kukus semua, sampai tekstur agak keset kemudian angkat
  6. Untuk saosnya, uleg cabe rawit, bawang putih, garam sampai halus lalu campurkan dengan saos, kecap dan tambahkan sedikit air panas. Lalu sajikan

Makanan ini juga termasuk ke dalam makanan yang paling mudah dan sederhana cara pembuatannya. Tak perlu khawatir, sebab akan tetap enak dan juga mengeyangkan di perut, karena bahan dasarnya yang terbuat dari tepung terigu dan kanji atau sagu. Rebus ayam kemudian tambahkan garam dan lada bubuk. Untuk membuat cilok, campurkan tepung tapioka dan terigu. Tambahkan garam, lada, dan irisan daun bawang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bola-bola cilok ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved