Resep Cilok Ayam Bumbu Kacang, Lezat Sekali

Mayme Robbins   24/06/2020 11:05

Cilok Ayam Bumbu Kacang
Cilok Ayam Bumbu Kacang

Sedang mencari ide resep cilok ayam bumbu kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok ayam bumbu kacang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Cilok Ayam Bumbu Kacang enak lainnya. Tuang bumbu ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Tambahkan kecap manis, aduk kembali sampai mengental.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok ayam bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cilok ayam bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cilok ayam bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Cilok Ayam Bumbu Kacang menggunakan 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok Ayam Bumbu Kacang:
  1. Siapkan Ayam bagian dada
  2. Siapkan 15 sdm tepung tapioka/kanji
  3. Siapkan 15 sdm tepung terigu
  4. Ambil 4 siung bawang putih
  5. Gunakan Bawang merah goreng
  6. Gunakan 1 butir telur
  7. Ambil Masako sapi
  8. Siapkan Lada bubuk
  9. Siapkan Garam
  10. Gunakan Seledri
  11. Sediakan Daun bawang
  12. Sediakan secukupnya Air hangat
  13. Siapkan Air untuk merebus
  14. Ambil Minyak goreng
  15. Ambil Bumbu kacang
  16. Sediakan 1 ons kacang tanah
  17. Sediakan 2 siung bawang putih
  18. Gunakan Garam
  19. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  20. Siapkan Bumbu pelengkap
  21. Sediakan Kecap
  22. Sediakan Saos

Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Cara makannya ditusuk dan cocol langsung ke bumbu.

Langkah-langkah membuat Cilok Ayam Bumbu Kacang:
  1. Persiapkan bahan-bahan terlebih dahulu
  2. Blender ayam, bawang putih dan sebagian bawang goreng, sembari menunggu ayam halus potong_potong daun bawang dan seledri
  3. Campurkan semua bahan (kecuali bahan bumbu kacang) kedalam baskom, tuang air hangat sedikit demi sedikit, kemudian masukkan ayam giling dan telur aduk sampai merata
  4. Jika sudah tercampur rata bulatkan adonan menjadi kecil_kecil atau sesuai selera
  5. Panaskan air tambahkan sedikit minya biar tidak menempel, tambahkan daun seledri, garam dan daun bawang (sesuai selera), aku tambahkan untuk menambah aroma dan rasa. Masukkan adonan setelah air mendidih kemudian angkat cilok saat sudah mengapung
  6. Untuk bumbu kacang goreng kacang tanah dan bawang putih, kemudian blender atau bisa di uleg. Tambahkan garam dan potongan daun jeruk
  7. Taruh cilok di piring tambahkan saus kacang, kecap dan saos sambal. Cilok ayam siap dinikmati

Ada pula variasi baru dari cilok seperti cilok goreng, cilok berisi telur, cilok bakar, cilok pedas, cilok kuah, cilok warna-warni dan masih banyak lagi lainnya. Meskipun beragam, cara membuat cilok tak beda jauh. Nah, cilok Bandung ini bisa kamu buat sendiri di. Cilok adalah aci dicolok karena memang enak menyantapnya dengan cara dicolok serta dicocol ke dalam bumbu kacang. Resep membuat cilok yang merupakan variasi kuliner Bandung ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok ayam bumbu kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved