Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cilok Ayam Anti Gagal

Samuel Wood   15/10/2020 19:53

Cilok Ayam
Cilok Ayam

Lagi mencari inspirasi resep cilok ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Cilok isi ayam pedas enak lainnya. Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia. In Sundanese, cilok is an abbreviation of aci dicolok or "poked tapioca", since the tapioca balls are poked with lidi skewers made from the midrib of the coconut palm frond.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cilok Ayam memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cilok Ayam:
  1. Siapkan 250 g daging ayam, dihaluskan
  2. Ambil 65 gram tepung terigu
  3. Siapkan 5 siung bawang putih, dihaluskan
  4. Sediakan 1 batang daun bawang, cincang halus
  5. Siapkan 150 ml air panas
  6. Sediakan 125 gram tepung tapioka
  7. Siapkan secukupnya Garam, gula, merica, kaldu jamur
  8. Ambil Untuk sausnya:
  9. Ambil Kecap manis
  10. Gunakan Saos tomat
  11. Siapkan Saos sambel
  12. Gunakan Boncabe

Selamat pagi/siang/sore/malam buat yang baru gabung, Camilan yang enak pas hujan hujan adalah camilan yang. Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Cara menyiapkan Cilok Ayam:
  1. Cuci tangan & bahan2 sampai bersih sebelum memasak.
  2. Campur daging ayam yang sudah dihaluskan, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, aduk rata. Masukkan air panas pelan2, aduk rata.
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, aduk rata.
  4. Bumbui dengan garam, merica, gula, kaldu jamur secukupnya.
  5. Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Kemudian masukkan adonan cilok yang dibulatkan kecil2 menggunakan sendok.
  6. Rebus hingga cilok mengapung, berarti sudah matang. Tiriskan cilok.
  7. Siapkan sausnya. Campur semua bahan, aduk rata. Masukkan cilok, aduk rata hingga semua bagian cilok terendam saus. Sajikan hangat.

Video: Cilok Ayam Keju Ala Chef Table, Jajanan Simpel Masuk Restoran! Sangat menyukai bidang makanan seperti memasak dan kuliner. Pernah mengikuti beragam pelatihan memasak dan bercita-cita menjadi seorang chef. Lihat juga resep Cilok kentang, Cilok Ebi enak lainnya. Resep Cilok Empuk Selamat menikmati aplikasi resep cilok yang enak ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved