Resep Cilok Bandung isi ayam yang Bikin Ngiler

Abbie Wise   24/09/2020 09:34

Cilok Bandung isi ayam
Cilok Bandung isi ayam

Lagi mencari inspirasi resep cilok bandung isi ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bandung isi ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bandung isi ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok bandung isi ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia. In Sundanese, cilok is an abbreviation of aci dicolok or "poked tapioca", since the tapioca balls are poked with lidi skewers made from the midrib of the coconut palm frond. The size of cilok balls may vary, but it is.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok bandung isi ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cilok Bandung isi ayam menggunakan 26 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cilok Bandung isi ayam:
  1. Sediakan Bahan adonan
  2. Siapkan 500 gram tepung terigu
  3. Ambil 600 gram tepung tapioka
  4. Gunakan 2 sachet kaldu ayam bubuk
  5. Sediakan 1 sachet lada bubuk
  6. Gunakan 1 sdt micin
  7. Ambil 5 siung bawang putih
  8. Sediakan 2 sdm garam
  9. Sediakan 1,3 L air
  10. Ambil Bahan isian
  11. Gunakan 250 gram ayam (rebus dan suir kecil)
  12. Sediakan 3 lembar daun bawang
  13. Sediakan 1/2 sdm garam
  14. Ambil 2 siung bawang putih (uleg halus)
  15. Gunakan 1 sdm kaldu bubuk
  16. Siapkan 1 sdm lada bubuk
  17. Ambil 1/2 sdm gula
  18. Siapkan Bumbu saus
  19. Sediakan 7 buah cabe merah
  20. Siapkan 3 sdm saus pedas
  21. Siapkan 1 sdm kecap
  22. Sediakan 1 buah asam jawa
  23. Sediakan 1/2 sdm kaldu bubuk
  24. Ambil 1/2 sdt garam
  25. Gunakan 1/2 sdm maizena (larutkan dengan 1 sdm air)
  26. Gunakan 100 ml air panas

Kiaracondong, Kota Bandung Cara Bikin Cilok Bandung Isi Ayam. Cilok adalah jajanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji. Bentuknya bulat dan banyak orang yang menyantapnya dengan cara ditusuk menggunakan lidi. Namun perkembangannya, cilok dibuat dengan banyak sekali varian.

Cara membuat Cilok Bandung isi ayam:
  1. Haluskan bawang putih bersama garam. Kemudian rebus air, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan kaldu bubuk, lada dan micin. Biarkan sampai mendidih
  2. Masukkan kaldu ke dalam baskom berisi tepung terigu. Aduk rata dan tambahkan tapioka sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis dan mudah dibentuk
  3. Isian : Campurkan ayam suir, daun bawang yang sudah dirajang, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, kaldu bubuk, lada bubuk dan gula. Aduk rata kemudian sangrai sebentar dengan api kecil (tanpa minyak)
  4. Bentuk adonan bulat pipih kemudian beri isian dan bentuk menjadi bola bola
  5. Rebus dan tiriskan apabila cilok sudah mengapung ke permukaan
  6. Haluskan cabai, asam dan garam. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan saus, kecap, garam dan kaldu bubuk. Kemudian tambahkan air panas dan aduk rata, masukkan larutan maizena dan aduk kembali.
  7. Sajikan cilok dengan saus. Nikmati selagi hangat 🥰

Resep Cilok Bandung - yakni salah satu kuliner yang diminati banyak orang, mulai dari anak anak sampai yang tua. cilok alias aci dicolok, merupakan salah satu jenis bakso kreasi paling sederhana, yang mana penyuguhannya cukup simple. perpaduan kenyal dan rasa gurih bakso ditambah lumuran saus kacang, sehingga cilok mampu memikat banyak pemanja lidah Cilok bandung. Baca Juga : Cara Membuat Cireng yang Enak beserta Bahan-bahannya Cara Membuat Cilok Bandung sederhana. Cilok Bandung merupakan salah satu jenis cilok yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan banyak kumpulan pedagang asli cilok Bandung yang mendirikan persekutuan dagang cilok di beberapa daerah. Cilok ayam kuah bawang. - Bentuk adonan dan isi dengan suitan ayam. - Siapkan air mendidih untuk merebus cilok yang sudah dibentuk. Cara Membuat Aneka Resep Cilok Bandung Empuk, Kenyal, Tahan Lama Dengan Bumbu kacang dan Cilok Kuah - Kudapan ini merupakan singk.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cilok Bandung isi ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved