Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cilok Ayam (Jajanan SD) Anti Gagal

Rodney Cobb   24/06/2020 08:59

Cilok Ayam (Jajanan SD)
Cilok Ayam (Jajanan SD)

Lagi mencari ide resep cilok ayam (jajanan sd) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok ayam (jajanan sd) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok ayam (jajanan sd), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok ayam (jajanan sd) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Dulu setiap sore ada bapak-bapak tua yang menjajakan cilok keliling naik sepeda. Kami menyebut jajanan ini bakso ojek. Dalam seminggu, kami bisa jajan bakso ojek berkali-kali.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cilok ayam (jajanan sd) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cilok Ayam (Jajanan SD) memakai 9 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cilok Ayam (Jajanan SD):
  1. Sediakan 230 gram tapioka
  2. Gunakan 270 gram terigu
  3. Sediakan 4 batang daun bawang, iris halus
  4. Ambil 2 siung bawang putih, haluskan
  5. Ambil 1 potong dada ayam, rebus cincang
  6. Gunakan 450 ml air
  7. Ambil 1/2 sdt lada bubuk
  8. Ambil 1 sdt garam
  9. Ambil 1/2 sdt kaldu jamur

Jajanan anak sd tentu mengingatkan kita saat duduk di bangku sekolah sd dulu, dimana waktu istirahat merupakan waktu yang sangat berharga untuk menikmati jajanan di sekitar sekolah. Sambil bernostalgia, kira-kira jajanan anak sd apa yang paling kamu sukai dulu? Jajanan anak SD yang satu ini seolah tidak ada matinya. Rasa telur gulung yang gurih dan cilok yang legit memang bisa bikin siapa saja ketagihan.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok Ayam (Jajanan SD):
  1. Campur tapioka dengan terigu. Tambahkan garam dan kaldu jamur
  2. Masukkan irisan daun bawang ke dalam campuran tepung, aduk rata. Tambahkan cincangan ayam rebus (boleh juga dijadikan isian, kalau saya, saya campur dengan tepung)
  3. Didihkan 450 ml air (kalau saya pakai air rebusan ayam yang dididihkan kembali), masukkan bawang putih dan lada.
  4. Siramkan air rebusan ke adonan tepung. Jika kira-kira adonan sudah bisa dipulung, hentikan (air tidak harus habis). Aduk dengan sendok/centong kayu. Tunggu sampai sudah tidak terlalu panas lagi. Ratakan supaya bumbu bisa tercampur dengan baik
  5. Didihkan air, rebus sedikit adonan cilok. Koreksi rasa. Jika rasa sudah pas, pulung/bulat-bulatkan adonan cilok (sedia terigu untuk memudahkan memulung), lalu rebus. Ketika cilok sudah mengapung, angkat, lalu kukus sekitar 12 menitan.

Bahkan, rasanya tidak cukup jika hanya menyantap satu atau dua tusuk saja. Resep cara membuat cilor atau cilok telor, salah satu jajanan sekolahan SD yang banyak disukai anak-anak. Bikinnya itu simpel dan mudah, jadi daripada beli di luar mending bikin sendiri lebih sehat. Cilok adalah salah satu aneka jajanan anak SD yang berasal dari Bandung. Jajanan ini berasal dari tepung tapioka yang dibuat bulat menyerupai bakso kecil.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cilok Ayam (Jajanan SD) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved