Langkah Mudah untuk Membuat Nasi kuning Banjar Sederhana, Menggugah Selera

Estella Rios   21/09/2020 15:21

Nasi kuning Banjar Sederhana
Nasi kuning Banjar Sederhana

Sedang mencari inspirasi resep nasi kuning banjar sederhana yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kuning banjar sederhana yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi kuning merupakan salah satu sajian nasi yang biasanya banyak disajikan ketika perayaan tertentu, baik itu hajatan, syukuran atau lain Selain itu, nasi kuning juga merupakan salah satu menu yang digemari untuk menu sarapan. Rasanya yang enak dengan menu pelengkap yang sehat sangat. Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kuning banjar sederhana, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi kuning banjar sederhana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi kuning banjar sederhana yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi kuning Banjar Sederhana memakai 23 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi kuning Banjar Sederhana:
  1. Gunakan 3 cup beras
  2. Sediakan Santan kelapa -+600ml air (banyak air seperti masak nasi biasa)
  3. Gunakan 1 serai
  4. Ambil 1 kunyit
  5. Ambil 2 lembar daun pandan
  6. Siapkan 2 lembar daun salam
  7. Gunakan 1/2 sdm air jeruk nipis
  8. Sediakan Sejumput garam
  9. Siapkan Bahan bumbu habang telur :
  10. Ambil 10 buah cabe besar kering (buang bijinya)rebus sampai layu
  11. Ambil 9 butir telur rebus(sesuai selera)
  12. Gunakan 3 sdm asam jawa
  13. Siapkan 3 ruas kayu manis
  14. Sediakan Secukupnya Gula, Garam & penyedap
  15. Ambil 200 ml air
  16. Sediakan BUMBU HALUS :
  17. Ambil 10
  18. Ambil 10 butir bawang merah
  19. Sediakan 8 siung bawang putih
  20. Siapkan 2 ruas jahe
  21. Gunakan 2 ruas kencur
  22. Gunakan 1 keping Gula merah
  23. Siapkan 1 bungkur terasi abc (bakar)

TV - Jalan-jalan ke Banjarmasin ada menu yang menjadi favorit orang-orang Banjar. Ada menu yang sering dikonsumsi disini, yaitu nasi. Nasi Kuning Banjar lebih sederhana dalam penggunaan bahan, Namun kuliner ini punya bumbu rahasia. Nasi Kuning adalah makanan yang populer di Indonesia.

Cara membuat Nasi kuning Banjar Sederhana:
  1. Nasi Kuning : Cuci bersih beras, taruh dalam wajan. Tuang santan kelapa & kunyit sudah disaring. Masukan semua bahan sampai air menyusut habis
  2. Setelah air menyusut, pindah ke dalam panci penanak nasi. Sambil sesekali di aduk biar masaknya merata 😉😉
  3. Telur Bumbu Habang : Rebus telur 9 butir setelah masak kupas kulitnya dan sambil rebus cabe besar kering sampai layu
  4. Setelah itu, Blender bahan bumbu halus dan cabe kering yang sudah di rebus. Lalu tuang di wajan tambahkan air asam dan kayu manis, masak sampai air agak menyusut. Setelah agak menyusut tambahkan minyak, tumis sampai masak & tercium bau harum 😁
  5. Siap di sajikan dengan penuh cinta 💚💚

Dari Pulau Jawa Nasi Kuning menyebar luas ke pelosok kepulauan Nusantara. Resep Nasi Kuning - Nasi kuning merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang sangat terkenal. Untuk mendapatkan warna yang khas, nasi kuning menggunakan kunyit sebagai Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi kuning khas Banjar adalah sebagai berikut Resep nasi kuning bisa mengatasi nafsu makan yang berfluktuasi. Nasi kuning mudah dibuat dan punya lauk pelengkap yang dijamin enak. Sudah pernah mencicipi nasi kuning khas Banjar?

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi kuning Banjar Sederhana yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved