Resep Nasi Kuning Banjar Anti Gagal

Ruth Morton   20/08/2020 11:16

Nasi Kuning Banjar
Nasi Kuning Banjar

Anda sedang mencari ide resep nasi kuning banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kuning banjar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ini nasi kuning khas banjar versi aku ya.versi praktisnya😆 Masih suasana lebaran hari kedua pasti ada aja saudara yg datang,jadi aku siapkan nasi kuning khas daerahku. Nasi Kuning Banjar umumnya dinikmati saat sarapan. Nasi kuningnya harum berempah, lauknya ikan masak habang yang lezat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kuning banjar, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi kuning banjar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi kuning banjar yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Kuning Banjar menggunakan 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi Kuning Banjar:
  1. Gunakan nasi kuning :
  2. Gunakan 1/2 kg beras
  3. Siapkan 2 bks kecil santan kara
  4. Siapkan 2 btg sereh, geprek bagian putihnya, buat simpul
  5. Sediakan 2 lmbr daun pandan, buat simpul
  6. Sediakan 4 lmbr daun jeruk
  7. Sediakan 1/2 sdt kunyit bubuk
  8. Ambil garam dan penyedap rasa
  9. Ambil ayam/telur masak habang :
  10. Siapkan ayam/telur semau kita
  11. Ambil 5 cm kayu manis
  12. Sediakan bumbu masak habang (sy lngsng beli dipasar)
  13. Sediakan bawang goreng
  14. Sediakan Oseng Tahu Tempe Kacang :
  15. Siapkan 5 helai kacang panjang
  16. Siapkan secukupnya Tahu Tempe
  17. Sediakan 3 bj Bawang merah
  18. Sediakan 2 bj bawang putih
  19. Ambil gula garam penyedap rasa

Selain itu, nasi kuning juga cocok untuk dijadikan menu makan siang di rumah. Nasi kuning banjar komplit memiliki cita rasa yang tinggi sehingga banyak orang yang mencarinya. Kini anda dapat membuatnya sendiri di rumah, tanpa perlu jauh-jauh pergi ke Banjar. Resep nasi kuning bisa mengatasi nafsu makan yang berfluktuasi.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kuning Banjar:
  1. Bersihkan beras, Masukkan santan, kunyit dan garam. Masak perlahan hingga mendidih di aduk2 sampai air mengering. pindahkan ke dalam kukusan dan kukus sampai matang).Sajikan dengan ayam telur masak habang, tahu tempe kacang dan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya.
  2. Panaskan sdkit minyak di dalam wajan, masukan bumbu masak habang praktis beri air secukupnya. masukan kayu manis dan penyedap rasa. gula garam bisa di tes rasa. aduk2 sampai meletup2
  3. Masukkan telur rebus dan ayam yang sudah digoreng. Aduk rata, kemudian matikan api, biar bumbu meresap. Sajikan dengan taburan bawang goreng.
  4. Tahu tempe oseng : potong tahu, tempe dan kacang panjang. uleg bawang merah dan bawang putih kasihkan garam dan gula..
  5. Tumis bahan uleg.an sampai harum masukan kacang panjang aduk2, beri sedikit air biar kacang lemah kemudian masukan Tahu tempe yg sdh di goreng 1/2 matang.kasihkan penyedap rasa. gula garam. test rasa
  6. Jika masak semua nya sajikan dgn nasi kuning masak habang taburi bawang goreng biar lebih nikmat

Nasi kuning mudah dibuat dan punya lauk pelengkap yang dijamin enak. Sudah pernah mencicipi nasi kuning khas Banjar? Contact Nasi Kuning Banjar on Messenger. Resep nasi kuning memang sangat beragam. Untuk mendapatkan rasa yang enak dan nikmat, tentu saja harus menemukan komposisi dan takaran yang pas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Kuning Banjar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved