Langkah Mudah untuk Membuat Donut kentang jadul Anti Gagal

Viola Lee   30/07/2020 05:10

Donut kentang jadul
Donut kentang jadul

Lagi mencari inspirasi resep donut kentang jadul yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal donut kentang jadul yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donut kentang jadul, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan donut kentang jadul yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Cemilan murah produk rumahan tanpa pengawet. Cemilan murah produk rumahan tanpa pengawet. Cemilan murah produk rumahan tanpa pengawet.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah donut kentang jadul yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Donut kentang jadul menggunakan 14 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Donut kentang jadul:
  1. Sediakan tepung terigu protein tinggi
  2. Sediakan telur
  3. Siapkan kentang (kukus)
  4. Gunakan gula pasir
  5. Gunakan mentega
  6. Siapkan susu full cream (hangat)
  7. Ambil ragi instan
  8. Siapkan minyak goreng
  9. Ambil garam
  10. Sediakan Bahan topping
  11. Ambil Ceres coklat (secukupnya)
  12. Gunakan Keju craft (parut secukupnya)
  13. Ambil Butter (bahan oles)
  14. Gunakan Gula cinnamon (secukupnya)

Jajanan donat sederhana, enak, empuk, lembut, dan praktis untuk jualan. Umumnya, donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega, dan gula. Namun, tak jarang banyak juga yang mengganti tepung terigu dengan kentang. Penjelasan lengkap seputar Resep Donat Kentang Empuk Anti Gagal.

Langkah-langkah membuat Donut kentang jadul:
  1. Pertama, cuci kentang yang masih segar sampai bersih, lalu kupas kulitnya dan potong kentang menjadi kecil-kecil, kemudian rebus kentang sampai matang dan terasa lunak, tumbuk sampai halus.
  2. Cara mengaktifkan biang, campur setengah susu hangat dengan ragi, dan satu sendok teh gula lalu aduk Dan tunggu 5 /7 menit sampe ragi aktif
  3. Setelah itu masukkan tepung terigu yang sudah disiapkan ke dalam wadah, tambahkan gula pasir, garam, telur yg di kocok lepas, dan biang yg sudah aktif ditambah sisa susu kemudian aduk sampai semuanya rata. Lalu masukkan kentang yang sudah ditumbuk halus ke dalam adonan, masukkan butter lalu ulenin sampai kalis dan tidak lengket.
  4. Istirahatkan adonan Di dalam wadah yg sudah Di olesi butter / minyak dan tutup wadah dgn plastic dan serbet dapur yg kering lalu simpan Di tempat yg terhangat di dapur selama 1 jam.
  5. Setelah 1 jam kempeskan adonan dan ulenin kembali dan istirahat lagi selama 30 menit dengan tehnik yg sama.
  6. Kalau sudah mengembang, bentuk adonan donatnya, buat lubang ditengahnya.
  7. Letakkan donat yang sudah dibentuk diatas piring atau wadah yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu diamkan donat selama 10 menit.
  8. Sambil Anda menunggu, panaskan minyak goreng, lalu goreng donat jagan dibolak-balik Nanti banyak minyak yg habis. Dibalik cuma sekali sampai matang secara merata, dan berwarna kuning kecoklatan.
  9. Tiriskan donat yang sudah matang, kemudian oleskan donat dengan butter / mentega, lalu taburkan meses diatas donat. Selain meses, Anda juga bisa menaburkannya dengan gula cinnamon ataupun taburan yang lainnya.
  10. Texture donut lembut sampai berhari2 walaupun disimpan di kulkas. Happy baking / selamat mencoba

Resep Donat Kentang - Menikmati hidangan yang spesial pada akhir pekan merupakan suatu momen. Yuk, ketahui beberapa resep donat kentang yang empuk dan sehat di sini. Com - Beberapa tahun belakangan ini resep donat kentang semakin. Donat kentang berbahan dasar tepung kentang/ kentang rebus dan tepung terigu. KOMPAS.com - Cara membuat donat kentang sendiri sebenarnya cukup sederhana.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat donut kentang jadul yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved